Minggu, 10 Juni 2012

Pertanyaan-pertanyaan seputar Iman Kristen (dari sudut pandang "God Center Ministry")



1.      Apa yang dimaksud dengan Kehendak Bapa ?

Jawab :
Bapa berkehendak untuk menetapkan ANAK menjadi ahli waris segala sesuatu.   Oleh tangan ANAK diciptakan langit yang mengatasi segala langit dengan segala isinya.

2.         Apa yang menjadi kehendak ANAK ?
Jawab :
Meskipun ANAK  setara dengan BAPA, tetapi timbul kehendak dalam diri ANAK dimana IA mau merendahkan diri dalam rupa seorang hamba dan taat sampai mati.  Inilah hati YESUS KRISTUS rendah hati dan taat.

3.         Setelah ANAK merendahkan diri dalam rupa seorang hamba dan taat sampai mati, apa yang diberikan BAPA kepada ANAK ?
Jawab :
Kuasa untuk menghakimi, supaya ANAK dihormati, sehingga TUHAN YESUS berfirman “BAPA tidak menghakimi siapapun. Penghakiman seluruhnya ada pada ANAK” (Yohanes 5:22-23). 

4.         Dengan adanya kehendak ANAK, siapakah yang menjaga sorga pada waktu itu apakah sorga dalam keadaan kosong ? 
Jawab :
Malaikat TUHAN.    Dan Lucifer iri kepada Malaikat TUHAN.   Lalu ia mencemarkan nama ALLAH.   Tetapi belum jelas benar maksudnya.  Maka diadakanlah penyelidikan khusus.

5.         Mengapa Lucifer dilemparkan ke bumi ?
Jawab :
Supaya dosanya jangan menular.

6.         Setelah Lucifer ditahan di bumi, apakah defenisi langit bumi ini ?
Jawab :
Penjara iblis atau bui satan.   Sebelumnya langit bumi ini disebut sebagai serambi sorga. 

7.         Karena ANAK datang dari pangkuan BAPA, singgah ke bumi untuk mewarisi langit dalam rupa seorang hamba.   Dengan demikian, apakah BAPA berada di dalam atau di luar langit yang mengatasi segala langit (sorga) ?
Jawab :
BAPA ada di mana-mana, memenuhi langit dan bumi.

8.         Bagaimana jikalau ALLAH mati ?
Jawab :
Semuanya juga mati, oleh karena itu, yang mati bukan BAPA tetapi ANAK MANUSIA yang mati sebagai wujud nyata ketaatan ANAK kepada BAPA.

9.         Mengapa TUHAN YESUS datang ke dunia menjadi/dalam wujud manusia ?
Jawab :
a.                  Supaya IA dapat mati.
b.                  Agar manusia dapat diselamatkan (bagi yang mau menerima dan percaya kepada NYA).

c.                  Dengan menjadi manusia DIA dapat merasakan segala apa yang dirasakan oleh manusia.

d.                  Supaya manusia dapat memandang/melihat YESUS sedangkan bila IA datang dalam wujud ALLAH maka tidak ada seorang manusia yang dapat bertahan akan hangus terbakar karena semua manusia telah berdosa.

10.       Sebelum semuanya ini terjadi, ada apakah di sorga ?
Jawab :
Ada Nama ALLAH.    Dalam langit yang penting adalah Nama ALLAH.   Bukan malaikat TUHAN.   Di atas Tabut  Perjanjian  Bait Suci, ada Nama ALLAH.

11.      Mengapa di surga di taruh Nama ALLAH sehingga sorga disebut sebagai kemah suci ?
Jawab :
Karena adanya kehendak ANAK.    Andaikan, ANAK ALLAH langsung hadir di dalam langit, apakah lucifer bisa memberontak ? Tidak.  Ia akan langsung hangus karena ALLAH adalah api yang menghanguskan.   (Ibrani 12:29;  Keluaran 24:17).

Ibrani 12:29, Sebab ALLAH kita adalah api yang menghanguskan.
12.       Apakah defenisi sorga ?

Jawab :
a.         Dalam Perjanjian Lama disebut: Kemah Suci.  Yaitu pada waktu ANAK masih berada di pangkuan BAPA.

a.         Dalam Perjanjian Baru disebut:  Kerajaan ANAK.    Yaitu setelah  YESUS bangkit, naik ke sorga dan dipermuliakan.


13.       Di surga BAPA berada di mana ?
Jawab :
Di dalam ANAK.   Setelah YESUS bangkit, naik ke sorga dan dipermuliakan, BAPA di dalam ANAK.   Ketika segala sesuatu belum ada, ANAK di dalam BAPA.    Dengan adanya langit yang mengatasi segala langit dan langit bumi yang diberikan kepada ANAK, barulah BAPA di dalam ANAK.

14.       Waktu itu, malaikat TUHAN yang mengepalai di sorga.   Jadi, mengapa YESUS KRISTUS dari pangkuan BAPA mau singgah ke dalam dunia ?
Jawab :
Karena adanya hubungan BAPA dan ANAK.   Ini yang menjadi alasan utama mengapa YESUS KRISTUS singgah ke dalam dunia.   Bahkan sebelum adanya pemberontakan lucifer pun, ANAK telah berkehendak singgah ke dalam dunia.   Jadi bukan karena lucifer berontak saja maka ANAK  datang ke dalam dunia. 

15.       Apa buktinya bahwa kehendak ANAK itu sudah ada sebelum pemberontakan lucifer ?
Jawab :
Adanya malaikat TUHAN membuktikan bahwa kehendak ANAK sudah ada, sebelum pemberontakan lucifer.

16.       Jadi apa tujuan ANAK masuk ke dalam dunia ?
Jawab :
Tujuan ANAK  datang ke dalam dunia ternyata bukan hanya untuk menyelamatkan manusia saja tetapi yang utama adalah mengembalikan kemuliaan kepada BAPA melalui kematianNYA di kayu salib.  (mengenai hal ini sudah kita pelajari sebelumnya).

15.       Jadi benarkah pendapat yang mengatakan bahwa karena lucifer memberontak barulah ANAK ALLAH mau turun ke dalam dunia ?
Jawab :
Pendapat ini salah.   Mengapa ?  karena sebelum lucifer memberontak, kehendak ANAK sudah ada.  Berarti tidak ada pemberontakan lucifer pun, ANAK tetap datang ke dalam dunia.

16.       Mengapa ALLAH menciptakan manusia ? supaya ANAK ALLAH dapat mengambil rupa seorang hamba, mau merendahkan diri.   Jadi manusia adalah model hamba.   Maka diciptakanlah manusia.

17.       Mengapa lucifer bisa memberontak ?
Jawab :
Karena adanya malaikat TUHAN.   Andaikan, tidak ada malaikat TUHAN maka tidak perlu penyelidikan khusus, sebab lucifer langsung hangus dalam nyala api.   Dan apabila malaikat TUHAN itu adalah YESUS KRISTUS  maka lucifer akan langsung dihakimi hangus dalam nyala api, sedangkan malaikat  tidak mempunyai hak untuk menghakimi.

Penyelidikan khusus yaitu untuk mengetahui isi hati lucifer yang sebenarnya apakah ia mau melawan Yahweh atau malaikat TUHAN itu sendiri.   Jawabannya yaitu pada saat YESUS dicobai oleh iblis, pada saat iblis mencobai dengan berkata: “sembahlah saya”, maka di situlah diketahui isi hati iblis ternyata benar ia ingin melawan ALLAH dan mencemarkan nama ALLAH.   Yang kedua yaitu pada saat ALLAH mengutus ANAKNYA ke dalam dunia, dan ternyata, begitu iblis melihat ANAK ALLAH, ia mau bunuh ANAK.   Dengan berkata : “Mari kita bunuh ANAK supaya kita rampas milik pusaka ANAK.”   Melalui penyelidikan khusus ini, terbuktilah bahwa iblis melawan ALLAH.   Maka iblis di kurung atau di tahan sampai hari penghakiman.

18.       Mengapa TUHAN YESUS membiarkan dirinya dicobai oleh iblis ?
Jawab :
Untuk mencari fakta yang sebenarnya dari isi hati si iblis.

19.       Jadi, mengapa lucifer tidak langsung dihukum di sorga ?
Jawab :
Karena yang dihadapi lucifer adalah malaikat TUHAN, bukan TUHAN langsung, lucifer bukan melawan ALLAH langsung sedangkan malaikat TUHAN tidak ada kuasa menghakimi, ia hanya mengamankan saja, berarti lucifer hanya ditahan.  Kemudian dibuat belenggu abadi supaya ia jangan lepas.  Inilah penjara iblis, sampai kemudian ANAK singgah ke dalam dunia lalu ANAK yang akan memutuskan penghakiman.

20.       Kita sudah tahu mengapa iblis tidak langsung dihukum ?  Yohanes 16:11, untuk penyelidikan khusus.  Tetapi, mengapa eksekusinya di tunda ?
Jawab :
Supaya Injil diberitakan dulu di mana-mana, dan banyak jiwa diselamatkan sehingga pada saat tiba waktunya YESUS datang kembali, orang yang selamat akan dibawa nke sorga.   Andaikan dua ribu tahun yang lalu, iblis langsung dieksekusi maka semua manusia bisa masuk ke neraka.  Karena barang siapa berbuat dosa, ia berasal dari iblis dan menjadi milik iblis.

21.       Apakah selama-lamanya Injil diberitakan ?
Jawab :
Tidak.  Tiba saatnya akan berhenti, dan pada saat ini manusia akan merasakan kelaparan, kelaparan akan FIRMAN TUHAN manusia akan menjelaja mencari FIRMAN TUHAN tetapi tidak mendapatkan karena FIRMAN TUHAN sudah diangkat dan berbahagialah mereka yang menerima dan mengumpulkannya dalam hati.

20.       Lalu mengapa ada pribadi malaikat TUHAN  yang mengepalai ?
Jawab :
Karena adanya kehendak ANAK.   Mau taat sampai mati.
YESUS KRISTUS berkata :  “AKU adalah kebangkitan”.     Hal ini terjadi sejak BAPA menyetujui kehendak ANAK.

Yohanes 10:17-18, Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.
Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Ada tugas dari BAPA kepada ANAK, apa tugas itu ? memberikan nyawa-KU artinya taat sampai mati, jadi karena melakukan tugas dari BAPA maka ANAK taat sampai mati di kayu salib.   Mengapa YESUS mau taat kepada BAPA ? ini sebagai bukti adanya kerendahan hati dari ANAK.    Mengapa YESUS mau rendah hati ? karena ANAK mencitai BAPA.    Mengapa mencintai BAPA ? karena BAPA dan ANAK adalah satu.  

BAPA mengasihi AKU, oleh karena AKU memberikan nyawaKU untuk menerimanya kembali.   

Apa bukti BAPA dan ANAK adalah satu ?
Yohanes 10:30, Aku dan Bapa adalah satu."

21.       Apa perbedaan malaikat TUHAN dengan YESUS KRISTUS ?
Jawab :
a.         Kalau malaikat TUHAN mengepalai sampai ANAK datang. Sedangkan YESUS KRISTUS mengepalai untuk selama-lamanya.
Ibrani 1:8, Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.

b.                  Malaikat TUHAN tidak ada kuasa untuk menghakimi.
Apa arti menghakimi ? seperti hanya seorang hakim mempunyai kuasa, entah untuk memberikan pengampunan ataupun menghukum. Namun malaikat TUHAN ibarat seorang seorang jaksa, dan bukan hakim. Jaksa tidak bisa memutuskan, hanya memelihara atau mengamankan.  Apakah polisi bisa menghukum ? Apakah polisi bisa membebaskan orang bersalah ? Tidak Bisa! Polisi harus menyerahkan orang tersebut ke pengadilan. Dan pengadilan yang akan memutuskan.   Hakim diberi kuasa untuk memutuskan.   Polisi atau jaksa hanya mengamankan lalu melimpahkan ke pengadilan.    Apakah jaksa boleh membebaskan orang yang bersalah ?  Tidak Boleh.   Dia hanya menyatakan kesalahan di dalam pengadilan.  Pengadilan yang akan memutuskan.   Dan dalam pengadilan tersebut, siapa yang bertugas untuk memutuskan ?   Hakim.   Berarti malaikat TUHAN ibaratnya jaksa (taurat).   YESUS KRISTUS adalah hakim.

            Karena malaikat TUHAN seperti halnya dengan jaksa, maka apa yang sudah terjadi hanya dapat di amankan. Seperti Satpam, hanya mengamankan saja.   Apabila owner atau pemilik datang, dialah yang berhak memutuskan.   Entah salah maupun benar.

c.                  Malaikat TUHAN bukan gambar ALLAH, sedangkan YESUS KRISTUS adalah gambar ALLAH.   Melihat ANAK berarti telah melihat BAPA.   Apa yang dikatakan Injil apabila kita melihat malaikat TUHAN ? di dalam Injil dikatakan:  tidak ada yang melihat ALLAH.   Berarti malaikat TUHAN bukan gambar ALLAH.   YESUS KRISTUS datang ke dalam dunia dalam bentuk manusia sedangkan manusia sendiri adalah wujud atau gambar dari pada ALLAH.

d.         Malaikat TUHAN menyatakan diri atas nama ALLAH, yaitu Yahwe/Yehova.    Sedangkan ANAK, bukan “atas nama”,  DIA menerima Nama, mewarisi Nama ALLAH, maka YESUS adalah Nama BAPA dan Nama ANAK.

22.       Apakah kesamaan yang terdapat antara malaikat TUHAN dengan YESUS KRISTUS ?
Jawab :
Keduanya sama-sama mengepalai, hanya saja malaikat TUHAN mengepalai untuk sementara waktu, sehingga kuasanya pun sementara.   Namun ANAK mengepalai untuk selama-lamanya.   

23.       Mengapa lucifer dan anak buahnya dilemparkan ke bumi ?
Jawab :
Supaya dosanya jangan menjadi cemar di sorga.  Jangan sampai menular/mempengaruhi malaikat-malaikat yang lainnya yang belum tercemar oleh dosa lucifer.  Maka ia ditahan, dikurung.   Malaikat-malaikat itu adalah mahluk-mahluk rohani, mahluk yang sempurna apabila berbuat dosa maka tidak ada  ampun bagi mereka, lain halnya dengan manusia.

24.       Kapankah BAPA sangat dimuliakan ?
Jawab :
Pada waktu YESUS dibaptis.

25.       Apakah artinya baptisan YESUS ?
Jawab:
Kematian YESUS.   Pada waktu YESUS masuk dalam air, hal ini berarti kematian, dan saat keluar dari air ini mengandung arti kebangkitan.  Dalam hal ini Baptisan adalah tanda awal kematian.  Tapi TUHAN YESUS mengatakan: “Masih ada baptisan yang harus Kuterima.”  

26.       Dimana baptisan sesungguhnya terjadi ?
Jawab:
Di kayu salib.  Waktu YESUS mati dan bangkit, BAPA sungguh-sungguh dipermuliakan secara luar biasa.   BAPA berkata :  “Inilah AnakKU yang Kukasihi, kepadaNYAlah AKU berkenan.”

27.       Pada saat peristiwa di gunung kudus (Taman Getsemani), ada Musa dan Elia.  Namun ketika BAPA bersaksi, mengapa Musa dan Elia langsung hilang ?
Jawab:
Musa mewakili Taurat sedangkan Elia mewakili Nabi.   Namun Taurat dan Nabi berlaku sampai zaman Yohanes Pembaptis.  Kemudian kita harus mendengarkan ANAK dan tinggal dalam perkataan ANAK.

28.


29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silankan Mengisi Komentar anda dan email