Jumat, 02 September 2011

Yahweh (Yehova) dan YESUS

Yahweh (Yehova) adalah nama ALLAH pada malaikat Tuhan di dalam Hukum Taurat.  Nama ini populer di antara bangsa Israel saja.   YESUS adalah nama ALLAH di dalam Kasih Karunia Injil Kebenaran.   Nama ini populer di seluruh dunia.

Mengapa Yahweh di beritakan turun temurun kepada bangsa Israel, sedangkan YESUS diberitakan diseluruh dunia ? arti kata Yaweh ini adalah Cemburu (Kel. 34:14), sedangkan YESUS adalah nama yang menyelamatkan (Matius 1:21).

Keluaran 34:14, Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.

Matius1:21,22,  Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

   Jika kita membaca kitab Perjanjian Lama, maka kita akan menjumpai nama Yaweh ditulis sebagai "TUHAN" (ditulis seluruhnya dengan huruf besar).  Yaweh hanya boleh disebut 1 kali saja dalam satu tahun, dan itupun di bait suci, dan hanya wakil saja (imam besar) yang boleh melakukannya.   Tetapi nama YESUS, setiap orang berdosa boleh memanggil nama YESUS.   Semakin banyak kita memanggil nama YESUS (doa, pujian dan penyembahan) semakin hiduplah kita.  Taurat adalah baik karena memberitahukan siapakah kita, yaitu orang berdosa.

   Nama Yaweh ini disebut karena orang Israel takut menyebut nama Yehova.   Pada kitab Perjanjian Lama tidak terdapat nama YESUS, oleh karena itu tidak disebut Injil.    Jika kita memanggil Yaweh, kita menjadi hamba seperti bangsa Israel.    Sifat dari hamba adalah cenderung untuk menjauhi tuannya.    Tetapi jika kita memanggil YESUS, maka kita akan menjadi anak.    Sifat dari seorang anak adalah cenderung untuk mendekati terus bapanya.

Mengapa memanggil Yaweh menjadi hamba, sedang memanggil YESUS menjadi anak ?

Yohanes 17:11, Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

YESUS adalah nama BAPA yang diberikan kepada ANAK (YESUS KRISTUS).   Jika kita penuh dengan ROH KUDUS, maka kita penuh dengan nama YESUS.   Orang yang memanggil nama Yaweh tidak pernah dilahirkan kembali.    Tetapi orang yang memanggil nama YESUS akan dilahirkan kembali menjadi anak.

   ALLAH mempunyai nama, yaitu YESUS.   Yaweh adalah sebutan nama ALLAH yang ada pada malaikat.

Keluaran 23:20-21, "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.
Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.

Pada awalnya Hukum Taurat berkuasa, tetapi waktu Injil masuk, Hukum Taurat tidak berkuasa lagi.   Dulu juga nama Yaweh berkuasa, tetapi sewaktu YESUS masuk, Yaweh hilang.   Yaweh adalah ibarat lilin.   Pada waktu malam lilin mutlak dibutuhkan.  Tetapi pada waktu terbit matahari, lilin tidak diperlukan lagi.  YESUS adalah ibarat matahari, lilin tidak diperlukan lagi.    YESUS adalah ibarat matahari.   Sebenarnya tujuan pekabaran Injil adalah memperkenalkan nama BAPA yaitu YESUS.

Yohanes 17:26, dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

YESUS berdoa agar supaya nama BAPA yang diberikan keapadaNYA jangan hanya ada pada ALLAH saja, tetapi juga diberikan kepada kita.

Yohanes 17:6, Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

   Nama YESUS masuk ke dalam kita.  Hamba tidak dapat menrima nama dari tuannya.   Hanya anak yang dapat menerima nama bapa.   Israel mempunyai Bait Suci di Yerusalem, tetapi kita mempunyai Bait Suci di
dalam diri kita sendiri apabila kita dipenuhkan dengan ROH KUDUS.   Bait Suci adalah tempat kediaman nama ALLAH, karena nama YESUS ada di dalam kita, maka kita adalah Bait Suci.   Nama YESUS adalah Injil, jadi memberitakan Injil adalah memberitakan nama YESUS.

Hukum Taurat membawa orang kepada YESUS. 
Yohanes 8:1-11,  menceritakan tentang perempuan yang berzinah, lalu dibawa kepada YESUS.   Perempuan yang berzinah pada cerita ini, dibawa kepada YESUS karena Hukum Taurat.   Hukum Taurat membawa orang berdosa kepada YESUS.




1 komentar:

  1. Oleh sebaba itu saudaraku Kristen, kembalilah kepada Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. Jangan ngeyel.

    BalasHapus

Silankan Mengisi Komentar anda dan email