Senin, 31 Januari 2011

SEJARAH GEREJA BETHEL TABERNAKEL

SEJARAH GEREJA BETHEL TABERNAKEL


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Bethel Tabernakel, disingkat GBT, adalah salah satu sinode gereja di Indonesia yang berdiri sejak 29 Mei 1957 dan bernaung di bawah Dewan Pentakosta Indonesia.
Persekutuan GBT ini lahir sebagai sebuah sinode baru dari dalam struktur sinode Gereja Bethel Indonesia Sepenuh (GBIS), yang berlanjut juga dengan :
         1.      Gereja Nazareth Pentakosta (1960) dan
         2.      Gereja Bethel Indonesia (1969). Dari dalam struktur GBT sendiri, lahir pula sebuah sinode baru pada tahun 1970 yaitu Gereja Pentakosta Tabernakel.

 

Sejarah

Pada tahun 1955, Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS)  Jl. Majapahit 43-45,  Surabaya yang digembalakan oleh  Pdt. Gershom Soetopo (GBIS berpusat di Jakarta), mengadakan kursus Alkitab bagi para calon Hamba Tuhan atau pelayan-pelayan Sidang.   Kursus ini menghasilkan beberapa hamba Tuhan seperti Pdt. Yahya Gunawan Wibisono (Bandung),  Pdt. Pieterz (Ambon), dan lain-lain.   Angkatan selanjutnya menghasilkan Pdt. Rahuel Hendry Hendrata (Madiun) dan lainnya.  Gagasan kursus Alkitab ini kemudian mengalami kemajuan pesat dan mendapat tanggapan baik dari banyak pihak, sehingga diadakan tiap tahun pada bulan April sampai Oktober.
Pada awal tahun 1957, setelah kursus Alkitab ini berjalan sekitar dua tahun maka beberapa hamba Tuhan mengadakan pertemuan di GBIS Jl. Majapahit 43-45 tersebut. Mereka berkumpul untuk membicarakan tentang kemungkinan didirikannya sebuah badan persekutuan baru dan diputuskan untuk membentuk Tim Pekabaran Injil "Gerakan Memperluas Pengajaran Tabernakel" (Tim PI GMPTES). Sesuai dengan nama tim tersebut, maka tim PI ini bertujuan untuk memperluas pengajaran Tabernakel di semua gereja-gereja. Sejak itu para Hamba Tuhan yang bergabung dalam tim tersebut mulai bekerja memperluas pelajaran Tabernakel di gereja masing-masing. Perluasan ini mendapat kemajuan pesat.

Pada awal Mei 1957, Tim PI GMPETES membentuk panitia pertemuan dengan ketua panitia        Pdt. Go Hong Sing dan penulis  Pdt. Martin Luther Simbira.    Undangan pertemuan ini disampaikan kepada hamba-hamba Tuhan seluruh Indonesia.     Pertemuan itu dilaksanakan di GBIS Majapahit.
Dalam pertemuan itu (yang dihadiri lebih dari 70 Hamba Tuhan) pada tanggal 29 Mei 1957 di kediaman              Pdt. Gershom Soetopo, di GBIS Majapahit, dengan resmi disepakati pendirian "Badan Persekutuan Gereja Bethel Tabernakel" (GBT) sekaligus membentuk pengurus.    Dengan suara bulat, terpilihlah struktur pengurus sementara: Pdt. P. J. Kesek sebagai Pengurus Harian Umum dengan Wakil Ketua merangkap Sekretaris adalah Pdt. Pangemanan, dan  Pdm. Pdt. Kwek Thwan Hay sebagai Bendahara.
Pada bulan September 1957, diadakan Kongres I GBT yang memilih dan mengesahkan pengurus permanen dengan masa bakti selama dua tahun.    Para Hamba Tuhan yang masuk dalam Badan Persekutuan yang baru ini, secara otomatis memisahkan diri dari GBIS sebagai induknya.   Ada sekitar 70 hamba Tuhan yang menggabungkan diri dalam Badan Persekutuan GBT dengan sukarela.

ENSIKLOPEDI MINI ALIRAN-ALIRAN GEREJA KRISTEN

Oleh :   Daniel Sopamena
Pdt. Daniel Sopamena M.Th.  adalah Dosen Bidang
Sejarah Gereja dan Ekumenika STT Intim Makassar
dari: Jurnal Intim No. 4 - Semester Genap 2003


I.  PENGANTAR

Tidak dapat dipungkiri bahwa akhir-akhir ini banyak warga gereja yang bingung menyaksikan munculnya berbagai aliran gereja di Indonesia. Mereka bingung oleh karena aliran-aliran gereja ini seolah-olah saling berlomba menawarkan “produk-produk” untuk diminati oleh warga gereja.   Dan dalam rangka menawarkan “produk-produk” tersebut, tidak jarang aliran gereja yang satu mencela aliran gereja yang lain sehingga acap kali timbul pertentangan di antara penganut aliran-aliran tersebut.

     Sejarah gereja mencatat bahwa hingga dewasa  ini terdapat tiga “rumpun gereja” yang besar, yakni  Gereja Ortodoks, Gereja Katolik Roma,  dan Gereja Protestan. Berbeda dengan rumpun Ortodoks dan rumpun Katolik Roma yang tetap solid, rumpun Protestan adalah rumpun yang dalam perjalanan sejarahnya paling sering terpecah belah. Dari rumpun protestan ini bermunculan berbagai gereja dengan coraknya masing-masing, yang dalam tulisan ini kita sebut sebagai “aliran-aliran gereja”. Dewasa ini terdapat kurang lebih 13 aliran gereja yang muncul dari rumpun Protestan (lihat, “Berbagai Aliran di Dalam dan di Sekitar Gereja”, karangan Pdt. Dr. Jan S. Aritonang, yang menjadi acuan utama tulisan ini).

     Dalam kesempatan dan ruang yang terbatas ini kita tidak mungkin mencatat seluruh aliran gereja. Yang akan dicatat (secara sangat singkat) di sini hanyalah sembilan aliran yang  masuk dan berkembang di Indonesia. Karena itu tulisan ini diberi judul “Ensiklopedi Mini Aliran-aliran Gereja (Protestan)”.

    Tujuan penulisan “Ensiklopedi Mini” ini ialah agar para pembaca mengetahui secara garis besar aliran-aliran gereja di Indonesia yang muncul dari rumpun Protestan. Tekanan akan diberikan secara khusus pada tiga hal penting saja, yakni :

A.     Awal kemunculannya;
B.     Pokok-pokok penting ajarannya; dan
C.     Jalan masuk serta perkembangannya di Indonesia.


II.  ALIRAN-ALIRAN GEREJA DI INDONESIA.

       A.    LUTHERAN.

1.      Awal kemunculannya.

Lutheran adalah sebuah nama yang diberikan oleh para pengikut Martin Luther, sang Reformator Gereja. Sulit ditentukan  dengan pasti kapan aliran ini mulai muncul. Sebab hingga aliran ini diberi nama  Lutheran, ia melalui proses yang cukup panjang dan rumit.
Tetapi jika kita mengacu pada proses “pembakuan” ajaran Lutheran, tahun 1530 dapat kita sebut sebagai awal kemunculan aliran Lutheran. Sebab pada tahun tersebut untuk pertama kali terbit sebuah dokumen yang berisikan ajaran Martin Luther. Dokumen ini dikenal dengan nama Konfesi Augsburg, dan disusun oleh para teolog pengikut Luther, terutama Philip Melanchton.
Di kemudian hari muncul pula dokumen-dokumen  lain yang berisikan ajaran-ajaran Martin Luther. Dokumen-dokumen tersebut pada gilirannya  dihimpun dalam sebuah kitab yang diberi nama Kitab Konkord, yang diterbitkan pada 25 Juni 1580. Kitab inilah yang menjadi semacam kanon (patokan ajaran) bagi gereja-gereja Lutheran, yang sejak akhir abad ke-16 sudah semakin menjelma menjadi gereja yang mapan.

       2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya.

a.   Firman dan Sakramen adalah kata-kata kunci dalam kehidupan gereja-gereja Lutheran dan merupakan pusat ajaran Luther. “Firman” semata-mata mengacu pada Alkitab sebagaimana dinyatakan lewat semboyan sola scriptura. Sedangkan “Sakramen” mengacu pada penghargaan tinggi atas kedua sakramen: Baptisan Kudus dan Perjamuan Kudus. Bagi Luther sakramen adalah Firman yang kelihatan, atau diperagakan.

b.  Jabatan dan Tata Gereja.  Berdasarkan penelitian atas Alkitab, antara lain surat Ibrani dan I Petrus, Luther melihat bahwa secara hakiki tidak ada pemisahan antara kaum klerus dan awam ataupun hierarki atau penjenjangan di antara jabatan-jabatan gerejawi. Berdasarkan imamat dan pengorbanan Kristus, semua orang percaya adalah imam. Inilah yang disebut Luther (bersama para reformator lainnya) Imamat Am Semua Orang Percaya.

c.  Tata Ibadah. Suasana  dan liturgi dalam ibadah di gereja-gereja Lutheran tidak banyak berbeda dari Gereja Katolik Roma. Bagi Luther(an) yang terpenting dalam ibadah adalah, bagaimana agar jemaat mengalami dengan nyata tindakan penyelamatan Allah di dalam Kristus, dan itu hanya bisa dialamai bila kepada mereka Firman diberitakan dengan murni dan dalam bahasa yang dapat dimengerti jemaat, dan sakramen dilayankan dengan benar. Dalam setiap ibadah Minggu harus ada pemberitaan Firman yang murni (semata-mata dari Alkitab). Sedangkan Perjamuan Kudus tidak mesti diselenggarakan pada setiap ibadah Minggu.

3.    Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia
Gereja/aliran Lutheran pertama kali masuk ke Indonesia bersamaan dengan datangnya orang-orang Belanda/VOC, yakni pada permulaan abad ke-17. Di antara para pegawai VOC ada orang-orang yang beraliran Lutheran (kendati sangat sedikit), dan mereka inilah yang pertama kali mendirikan Gereja Lutheran di Indonesia.
Di kemudian hari aliran ini masuk dengan lebih deras lagi ke Indonesia   bersamaan dengan masuknya para penginjil Rheinische Missions-gesellschaf (RMG), secara khusus di Sumatera Utara mulai tahun 1861. Di Indonesia dewasa ini ada sekurang-kurangnya delapan organisasi gereja yang mengaku sebagai penganut paham atau termasuk aliran Lutheran, yaitu: HKBP, GKPS, GPKB, GKPI, HKI, GKLI, GKPA dan GKPM; semuanya (kecuali GPKB) berkantor pusat di Sumatera Utara dan sekitarnya.             


B.   CALVINIS

1.   Awal Kemunculannya.    Sama seperti aliran Lutheran, sulit ditentukan dengan tepat kapan awal kemunculan aliran Calvinis ini. Sebab hingga aliran ini diberi nama Calvinis (diambil dari nama Johannes Calvin, sang reformator), prosesnya cukup panjang dan rumit pula.
Jika kita mengacu pada “pembakuan” ajaran Calvin, tahun 1536 dapat disebut sebagai awal kemunculan aliran Calvinis. Sebab pada tahun tersebut muncul suatu karya besar dari Calvin sendiri yang berjudul Relegious Christianae Institutio, disingkat Institutio. Kitab inilah yang di kemudian hari menjadi ciri dan sekaligus pusat teologi Calvinis. Tetapi jika kita mengacu pada kelembagaan/organisasi, tahun 1559 dapat disebut pula sebagai awal kemunculan aliran Calvinis. Sebab pada tahun tersebut Sidang Sinode pertama  para pengikut Calvin diadakan di Perancis.
Aliran Calvinis ini pertama kali bertumbuh dan berkembang di Swiss dan Perancis. Tetapi perkembangan pesat aliran ini justru terjadi di Belanda. Perlu dicatat bahwa berbeda dengan Gereja Lutheran, tidak ada satu pun gereja pengikut Calvin yang menamakan dirinya Gereja Calvinis. Pada umumnya mereka menamakan diri Gereja Reformed. Ada pula yang menamakan diri Gereja Presbyterian, dan ada pula yang menamakan diri Gereja Congregational.

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

a.    Kedaulatan dan Kemuliaan Allah.  Pokok ajaran/ teologi Calvin adalah Kedaulatan dan Kemuliaan Allah. Kedaulatan Allah terutama tampak dalam perkara penciptaan dan
keselamatan. Sedangkan mengenai Kemuliaan Allah, Calvin menegaskan bahwa Allah menciptakan dunia dan manusia demi untuk kemuliaanNya.   Karena itu segala yang terjadi di dunia ini dan segala yang dikerjakan manusia mestinya bertujuan memuliakan Dia.

b.    Hakikat Gereja.   Gereja adalah  persekutuan orang-orang yang telah diselamatkan di dalam Yesus  telah dibenarkan kendati tetap merupakan manusia berdosa, yang kesemuanya disambut dan diterima manusia melalui iman. Gereja adalah tempat yang bisa ditemukan dimana saja, asalkan di sana Firman atau injil yang murni diberitakan dan sakramen yang murni dilayankan (Baptisan dan Perjamuan Kudus).

c. Tata Gereja dan jabatan.    Menurut Calvin, di dalam gereja ada empat jabatan, yakni: gembala/pendeta, pengajar, penatua, dan syamas/diaken. Khusus mengenai “pengajar”, jabatan ini mencakup semua fungsionaris gereja yang terlibat dalam tugas pengajaran yang berhubungan dengan iman kristiani, mulai dari guru agama (di sekolah), guru katekisasi, sampai dengan dosen-dosen teologi. Sedangkan mengenai Tata Gereja, gereja-gereja beraliran Calvinis pada umumnya menganut sistem Presbyterial-Synodal. Sistem ini disebut Presbyterial-Synodal oleh karena semua keputusan jemaat diambil pada tingkat presbyterium (majelis para penatua, termasuk pendeta sebagai presbyter yang berkhotbah dan mengajar), sedangkan perkara-perkara yang menyangkut kepentingan seluruh gereja diputuskan pada tingkat sinode, yang dalam hal ini diwakili oleh wakil-wakil presbyterium dari setiap jemaat.

3.  Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia
Sama seperti aliran Lutheran, aliran Calvinis ini masuk ke Indonesia pertama kali bersamaan dengan datangnya orang-orang Belanda/VOC ke Indonesia pada permulaan abad ke-17. Sebagian besar pegawai VOC adalah orang-orang Kristen Protestan-Calvinis, dan mereka inilah yang pertama kali mendirikan Gereja yang beraliran Calvinis di Indonesia.
Di kemudian hari (mulai abad ke-18), aliran gereja ini masuk dengan lebih deras lagi ke Indonesia berbarengan dengan datangnya zending-zending Protestan dari Negeri Belanda. Hasil dari pekerjaan zending-zending ini adalah berdirinya sejumlah besar gereja di Indonesia (khususnya di Indonesia bagian Timur) yang menyatakan diri beraliran Calvinis.
Dari segi kwantitas, aliran Calvinis ini memiliki penganut terbesar di antara gereja-gereja di Indonesia.
Paling tidak hal ini dapat dilihat dari jumlah gereja anggota PGI.  Di antara 68 gereja anggota PGI (sampai dengan 1993), sekurang-kurangnya separuh dari mereka mengaku sebagai Calvinis. Beberapa di antaranya yang dapat dicatat di sini ialah: GPM, GMIM, GMIT, GPIB, GBKP, GKI (Jabar, Jateng, Jatim), GKP, GKJ, GKJW, GKPB, GKS, GMIST, GKST, Gereja Toraja, GTM, GKSS, GEPSULTRA, GMIH.

C.    BAPTIS

1.     Awal kemunculannya

Ada tiga versi tentang sejarah awal kemunculan gereja/aliran Baptis ini.  Versi pertama mengatakan bahwa aliran ini bermula pada pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan. Versi kedua mengatakan bahwa aliran ini berakar/bermula pada gerakan Anabaptis yang muncul di Munster, Jerman, pada tahun 1522. Sedangkan versi ketiga mengatakan bahwa aliran ini bermula pada awal abad ke-17, ketika John Smyth berupaya mengembalikan Gereja Anglican di Inggris kepada model gereja zaman Perjanjian Baru. Pendapat terakhir inilah yang diakui para sejarahwan masa kini.
Jika kita sependapat dengan pendapat ketiga (terakhir) di atas, ini berarti bahwa aliran Baptis muncul di Inggris pada awal abad ke-17, sebagai koreksi terhadap Gereja Anglican. Gereja Anglican di Inggris ini dapat disebut sebagai Gereja Negara, oleh karena Raja/Ratu Inggris adalah kepala Gereja.

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

Gereja Baptis sering disebut sebagai gereja yang menganut teologi Non Creedal, dalam arti tidak terikat pada rumusan pengakuan iman tertentu, seperti di gereja-gereja Protestan lainnya. Kendati demikian ada beberapa pokok ajarannya yang perlu kita perhatikan, antara lain:

       a.   Gereja dipahami sebagai persekutuan dari pribadi-pribadi yang telah diselamatkan Allah melalui pengorbanan dan penebusan Kristus. Orang atau jiwa yang sudah bertobat dibaptis dengan cara diselamkan, merekalah yang layak menjadi anggota-anggota gereja.

       b.   Kemerdekaan setiap jemaat merupakan perwujudan dari gereja yang sejati. Setiap jemaat lokal adalah badan yang otonom dan harus diselenggarakan secara demokratis di bawah tuntunan Roh Kudus dan pengajaran Yesus Kristus.  Gereja tidak boleh tunduk pada perintah badan atau organisasi keagamaan manapun, tetapi hanya tunduk pada Yesus Kristus, yang adalah kepala setiap jemaat.

       c.    Gereja harus terpisah dari negara dan harus ada jaminan kebebasan beragama bagi setiap pribadi.   Gereja atau jemaat tidak tunduk pada pemerintah negara. Negara tidak boleh mencampuri urusan gereja, dan sebaliknya gereja juga tidak boleh mencampuri urusan negara, karena masing-masing punya wilayah pelayanan (dan kekuasaan).   Karena itu negara tidak boleh menggunakan kekuasaan menindak kelompok agama tertentu karena dianggap menyimpang atau sesat.

3.   Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia
Jika kita mengacu pada kedatangan penginjil Baptis yang pertama ke Indonesia, maka tahun 1814 dapat disebut sebagai awal masuknya aliran Baptis ke Indonesia. Sebab pada tahun tersebut Jebes Carey, penginjil dari Baptist Missionary Society (lembaga pekabaran Injil Baptis yang sangat besar di Inggris), diutus untuk bekerja di Maluku.
Selain Jabes Carey, pada kurun waktu 1813-1857 ada sekitar 20 penginjil Baptis yang bekerja di Indonesia.  
Yang patut dicatat adalah dua penginjil pertama di Tanah Batak, Richard Burton dan Nathaniel Ward.  Mereka masuk ke sana pada tahun 1824, ketika Inggris masih berkuasa atas pulau Sumatera. Tetapi mereka tidak berhasil menobatkan satu orang Batak pun.
Hasil yang cukup besar justru terjadi di Irian Jaya/Papua, dimana The Australian Baptist Missionary Society mengabarkan Injil sejak tahun 1938. Selain itu atas usaha   Indonesian Baptist Mission  yang bekerja di Pulau Jawa sejak tahun 1951, di pulau tersebut (juga di Sumatera) berkembang beberapa jemaat Baptis. Di beberapa daerah lain, seperti di Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara, juga terdapat jemaat-jemaat Baptis.
Perlu dicatat pula bahwa di Indonesia dewasa ini terdapat enam organisasi gereja-gereja Baptis, yakni: Persekutuan Gereja-gereja Baptis Irian Jaya (PGBIJ), Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GBI), Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI), Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI), Gereja Baptis Independent di Indonesia (GBII), dan Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta.

D.   METHODIS

      1.    Awal Kemunculannya

      Aliran ini muncul di Inggris pada pertengahan abad ke-18 sebagai akibat dari pengaruh gerakan Pietisme (kesucian hidup) yang mulai merebak di Eropa Barat sejak abad ke-17. Salah seorang anak pendeta dari Gereja Anglican, John Wesley (yang juga pendeta), tertarik pada gerakan Pietisme ini. Bersama adiknya, Charles Wesley, mereka mendirikan Holy Club  yang bertujuan memperkaya kehidupan rohani anggotanya dengan jalan mengadakan penelaan Alkitab. Perkumpulan ini sangat terkenal dengan disiplin dan “metode” kerjanya yang sangat ketat. Dari sinilah lahir istilah “Methodis”, yang semula merupakan cemohan terhadap warga perkumpulan ini.
Sebenarnya John Wesley dan para pengikutnya tidak bermasud untuk mendirikan gereja tersendiri terpisah dari Gereja Anglican. Tetapi karena mereka ditentang dengan keras oleh pimpinan Gereja Anglican, pada tahun 1740-an mereka mulai memprakarsai pembentukan persekutuan (gereja) tersendiri.

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

a.   Kelahiran Kembali (lahir baru):  Ini adalah  tindakan Allah dan melaluinya  seseorang dibawa masuk ke dalam kerajaanNya dan mengalami perubahan di dalam hati. Hanya dengan mengalami kelahiran kembali inilah seseorang bisa menjadi Kristen yang sungguh-sungguh.

b.   Kesaksian Roh: “Yang kumaksud dengan kesaksian Roh”, kata Wesley, “adalah kesan batiniah di dalam jiwa, yang dengan Roh Allah segera dan langsung bersaksi kepada rohku bahwa aku adalah anak Allah; bahwa Yesus Kristus mengasihiku dan telah memberi diriNya  bagiku; bahwa semua dosaku telah dihanyutkan, dan aku pun diperdamaikan dengan Allah”.

c.    Kesucian dan Kesempurnaan Hidup Kristiani: Kendati sangat menekankan kesucian dan kesempurnaan hidup, Wesley  dan umat Metodis cukup moderat tentang hal ini. Di satu pihak kesempurnaan itu merupakan tujuan yang diupayakan pencapaiannya  di dalam kehidupan masa kini, tetapi di lain pihak merupakan upaya tidak pernah berakhir. Dengan begitu kesempurnaan itu harus dikejar dan diupayakan terus menerus sepanjang hidup, dan lebih dititikberatkan pada kesempurnaan motivasi dan kerinduan.

3.   Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia
Misi Metodis sebenarnya telah masuk  ke Indonesia sejak tahun 1870-an, dari Singapura dan Malaya. Tetapi baru pada tahun 1905 barulah misi ini bekerja dengan lebih nyata, terutama di Jawa dan Sumatera, dan menghasilkan sejumlah jemaat.
Dewasa ini pengikut Gereja/aliran Metodis kebanyakan terdapat  di Sumatera, dan karena itu aktivitas Metodis dapat dikatakan terkonsentrasi pula di wilayah tersebut. Jemaat-jemaat yang berhasil ditumbuhkan di Sumatera kemudian menjelma menjadi Gereja Methodist Indonesia (GMI), yang menetapkan otonominya sejak 9 Agustus 1964.

E.    PENTAKOSTAL.

1.      Awal Kemunculannya

        
Gerakan/aliran Pentakostal ini muncul di Amerika Serikat pada awal abad ke-20, sebagai lanjutan dari suatu gerakan yang mendahuluinya, yakni Holiness Movement (Gerakan Kesucian) yang muncul di Amerika Serikat pada dasawarsa 1830-an. Gerakan ini muncul terutama dalam Gereja Metodis dan Baptis.
Ada dua versi/pendapat tentang awal kemunculan gerakan/aliran Pentakostal. Versi pertama mengatakan bahwa awal kemunculan Pentakostal adalah tanggal 1 Januari 1910 di kota Topeka, Amerika Serikat, oleh karena pada tanggal tersebut Agnes N. Ozman (salah seorang murid Sekolah Alkitab Bethel) memperoleh Baptisan Roh disertai dengan bukti berbahasa lidah, setelah Pdt. Charles F.Praham menumpangkan tangan ke atas kepalanya. Sementara versi kedua mengatakan bahwa awal kemunculan Pentakostal adalah pada tanggal 9 April 1906 di kota Los Angeles, oleh karena pada tanggal tersebut Roh Kudus turun dan terdengar bahasa lidah di kawasan pantai barat negeri itu, setelah tiga hari berturut-turut Pdt. William J. Seymour (seorang pendeta kulit hitam) berkhotbah di Los Angeles.

2.     Pokok-pokok Penting Ajarannya.

a.
   Baptisan terdiri atas dua jenis, yakni Baptisan air dan Baptisan Roh (dan api). Baptisan air, yakni lambang kematian dan penguburan kemanusiaan yang lama, dengan cara menyelamkan ke dalam air orang yang sudah menyatakan  pertobatan dan percaya sungguh-sungguh bahwa Kristus adalah Tuhan dan juruselamatnya. Dengan itu tubuhnya yang berdosa telah dibersihkan, sedangkan hati dan batinnya telah diperciki dan disucikan oleh darah Kristus.
Sedangkan tentang Baptisan Roh (dan api), ini dijanjikan oleh Allah Bapa sesuai dengan perintah Tuhan Yesus Kristus.   Dengan Baptisan ini orang yang menerimanya beroleh kuasa untuk hidup dan pelayanannya, dikokohkan karunia-karunia dan penggunaannya dalam karya pelayanan. Pengalaman ajaib ini merupakan bentuk yang nyata dan kelanjutan dari pengalaman kelahiran baru.

b.    Berbahasa lidah:  Baptisan atas orang-orang percaya di dalam Roh Kudus diawali dan disaksikan oleh tanda lahiriah berupa berbicara dalam bahasa lidah, sebagaimana kemampuan yang diberikan Allah kepada para rasul (Kis.2:4).  Berbahasa lidah dalam nats ini pada hakikatnya sama dengan karunia lidah dalam I Korintus 12:4-10, 28, tetapi berbeda dalam maksud dan penggunaannya.

c.     Penyembuhan ilahi (penyembuhan rohani) merupakan salah satu dari karunia Roh yang pada prinsipnya diberikan kepada semua orang percaya, tetapi dalam prakteknya hanya diperoleh orang-orang tertentu.

c.    Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia.
 
Gerakan/aliran Pentakostal pada mulanya masuk ke beberapa tempat di Indonesia (Temanggung-Jateng, Cepu, Surabaya, dan Bandung) pada waktu yang kira-kira sama, sekitar 1919-1923. Yang membawa dan menyebar-luaskannya  sebagian adalah para penginjil professional dan sebagian lagi warga gereja yang tak kalah besar dalam menyaksikan keyakinan dan ajaran gerejanya. Mereka berasal dari Inggris,  Belanda, dan (belakangan) Amerika.
Selain aliran Calvinis, Pentakostal dapat disebut sebagai aliran gereja yang pengikutnya sangat besar di Indonesia. Di Indonesia dewasa ini tumbuh beraneka ragam organisasi gereja Pentakostal. Yang terbesar di antaranya adalah Gereja Pentakosta di Indonesia (GPDI).
Perlu dicatat pula bahwa sejak akhir dasawarsa 1950-an sekurang-kurangnya delapan gereja-gereja Pentakostal menjadi anggota DGI/PGI, antara lain: Gereja Isa Alamasih (GIA), Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Gereja Pentakosta Pusat Surabaya (GPPS), Gereja Gerakan Pentakosta (GGP), Gereja Bethel di Indonesia (GBI), dan Gereja Tuhan di Indonesia (GTdI).

 
F.    KHARISMATIK

1.    Awal kemunculannya

      
Gerakan/aliran Kharismatik dikenal juga dengan nama “Gerakan Pentakostal Baru”.  Dengan demikian jelaslah bahwa gerakan Kharismatik berpangkal pada gerakan Pentakostal. Ciri utama yang menunjukkan bahwa gerakan Kharismatik berpangkal dan mirip dengan  gerakan Pentakostal ialah, keduanya memberi tekanan pada “Baptisan Roh” dan “Penyembuhan Ilahi).
Cikal bakal Gerakan Kharismatik ini adalah sebuah organisasi para pengusaha Kristen yang bernama The Full Gospel Business Men’s Fellowship (FGBMF), yang dibentuk oleh Demos Shakarian, seorang milyuner di kota California, Amerika Serikat. Sejak semula kalangan FGBMF sudah menggunakan nama “Persekutuan Kharismatik” untuk pertemuan-pertemuan mereka.
Suatu peristiwa yang sering diacu sebagai awal kemunculan gerakan Kharismatik ini ialah peristiwa yang terjadi di lingkungan Gereja Episkopal di sekitar kota Los Angeles-California, pada tahun 1959. Dalam peristiwa tersebut sepasang suami-istri yang masih muda, John dan Joan Baker, menerima Baptisan Roh disertai tanda berbahasa lidah, setelah bersentuhan dengan kalangan Pentakostal. Segera menyusul 10 orang lagi, lalu mereka berhimpun mengadakan kebaktian sendiri. Peristiwa ini (Baptisan Roh) kemudian dialami pula oleh jemaat-jemaat Episkopal di sekitarnya, dan mengakibatkan api kharismatik menyulut kobaran di mana-mana.

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

a.   Pujian.    Hasil pertama dari kedatangan Roh Kudus lewat Baptisan Roh adalah luapan pujian dari lubuk hati orang percaya. Hasilnya, orang percaya memiliki kemampuan baru memuliakan Allah, sebagaimana nampak dalam lagu-lagu pujian Kharismatik yang spontan dan - pada sebagian - dilambangkan oleh pemberian karunia berbahasa lidah.

b.   Penginjilan.   Kedatangan  Roh Kudus melalui Baptisan Roh memimpin kepada penginjilan. Bagi sebagian orang hal ini mendorong mereka untuk menginjili lebih efektif lagi, sedangkan bagi sebagian orang yang lain merupakan dorongan untuk menginjili untuk pertama kalinya. Sama seperti orang-orang Kristen yang dibaptis dalam Roh  menerima kemampuan baru untuk berbicara secara bebas kepada Allah di dalam pujian, begitu juga mereka memiliki kemampuan dan keberanian baru untuk berbicara kepada orang lain tentang Tuhan.

c.    Karunia-karunia Roh. Hal  yang paling banyak disebut sebagai ciri Kharismatik adalah karunia-karunia Roh yang didaftarkan antara lain dalam I Korintus 12:8-10. Kendati daftar ini memuat sembilan charismata, namun karunia yang paling utama dan paling banyak dibicarakan adalah glossolalia (bahasa lidah), nubuat dan penyembuhan.

      d.   Kuasa Rohani.   Unsur ini merangkumi seluruh aspek pandangan dan praktek gerakan Kharismatik. Kuasa Rohani yang mendampingi Baptisan Roh mewujud-nyata dalam kemampuan memuji Allah, menginjili, mengusir dan mengalahkan si jahat, serta mempraktekkan karunia-karunia Roh.

c.      Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia.
Gerakan/aliran Kharismatik pertama kali masuk ke Indonesia pada bagian kedua tahun 1960-an melalui penginjil-penginjil dari Amerika Serikat dan Eropa. Dalam waktu sangat singkat gerakan ini berkembang dengan sangat pesat di Indonesia, sambil “menggerogoti” sebagian  besar warga gereja “arus utama”. Dewasa ini hampir di seluruh wilayah Indonesia gerakan/aliran ini memiliki pengaruh yang sangat besar, terutama di kalangan pemuda/mahasiswa.  Selain karena semangat yang luar biasa dari para penginjilnya, “keunggulan” aliran ini terletak pada pola peribadahannya yang sangat memikat, yang ditunjang oleh musik yang ditata dengan sangat baik.


G.   INJILI  (EVANGELICAL)

1.      Awal Kemunculannya

         
Sama seperti beberapa gerakan/aliran yang telah diuraikan di depan, sulit ditentukan dengan tepat kapan sebenarnya awal kelahiran/kemunculan gerakan/aliran Injili ini. Tetapi sebagian besar peneliti berpendapat bahwa untuk memahami aliran ini, kita harus memulainya dengan melihat pada “Fundamentalisme”, karena aliran ini (Injili) secara langsung melanjutkan dan mengembangkan semangat dan paham Fundamentalisme.
       Fundamentalisme adalah suatu gerakan yang muncul di Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dan bersifat antar-denominasi dan antar-konfesi. Fundamentalisme ini dicirikan oleh pembelaan dan kesetiaan yang teguh dan militan atas seperangkat dasar-dasar iman (fundamental of faith) terutama kelima butir berikut :

        a.   Pengilhaman dan kemutlakan Alkitab;

        b.   Keilahian Kristus dan kelahirannya dari anak dara;

        c.   Kematian Kristus sebagai ganti dan penebus manusia;

        d.   KebangkitanNya secara jasmani; dan

       e.  KedatanganNya kedua kali. Di samping itu, gerakan ini ditandai pula oleh “mentalitas separatis”, yakni membenarkan pemisahan secara religius dari siapa saja yang tidak menyatakan bersedia menerima dasar-dasar iman di atas.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa kendati aliran Injili adalah kelanjutan dari Fundamentalisme, harus ditegaskan bahwa keduanya tidak persis sama. Aliran Injili, sebagaimana dikonotasikan oleh namanya, merupakan gerakan yang lebih menganut sikap konstruktif ketimbang defensif-separatis seperti tersirat pada istilah fundamentalis.
        Kalau demikian kapan gerakan/aliran Injili ini pertama kali muncul? Jawabannya ialah pada pertengahan abad ke-20, di Amerika Serikat. Tokoh yang bisa disebut dengan hormat sebagai organisator gerakan/aliran Injili ini ialah Harold Ockenga. Dalam rangka menanggalkan kecenderungan  separatis pada fundamentalisme, ia menegaskan bahwa tugas kaum Injili haruslah “merembesi” (gereja dan masyarakat) ketimbang memisahkan diri (dari padanya).

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

      a.   Kitab Suci (Alkitab) adalah bagian hakiki dan rekaman yang patut dipercaya tentang penyingkapan diri yang ilahi. Semua kitab di dalam Perjanjian Lama dan Baru, yang diberikan oleh pengilhaman ilahi, adalah Firman Allah yang tertulis, satu-satunya ajaran yang mutlak bagi iman dan kelakuan.

     b.   Roh yang bekerja di dalam kita: Roh Kudus, melalui proklamasi Injil, membarui hati kita, membujuk kita agar bertobat dari dosa-dosa kita dan mengakui Yesus sebagai Tuhan. Oleh Roh yang sama kita dipimpin untuk percaya pada belas kasihan ilahi, yang olehnya kita diampuni dari semua dosa kita, dibenarkan oleh iman semata-mata melalui jasa Kristus Juruselamat kita, dan terjamin mendapat anugerah Cuma-Cuma berupa kehidupan kekal.

      c.    Gereja yang di dalamnya kita melayani: Gereja diundang oleh Kristus  untuk mempersembahkan ibadah yang berkenan kepada Allah dan melayani Dia dengan memberitakan Injil dan menjadikan segala bangsa muridNya, dengan menggembalakan kawanan domba itu melalui pelayanan firman dan sakramen serta perawatan pastoral sehari-hari, dengan memperjuangkan keadilan sosial dan menyembuhkan duka dan derita manusia.

3.    Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia.
Gerakan/aliran ini sejak tahun 1950-an telah hadir di Indonesia melalui Amerika Serikat dan Eropa (terutama Jerman dan Belanda). Salah satu tonggak yang menandai kehadiran gerakan/aliran ini di Indonesia adalah  Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil di Indonesia (YPPII) yang didirikan pada tahun 1961 menyusul Institut Injili Indonesia (I.3) yang didirikan di Batu-Malang pada tahun 1959. Salah satu tonggak lain yang juga patut disebut adalah Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT), juga di kota Malang.
Patut dicatat bahwa sama seperti gerakan/aliran Kharismatik, gerakan/aliran Injili ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Semula gerakan/aliran ini tidak bermaksud mendirikan organisasi gereja yang baru di Indonesia, melainkan hendak membawa gereja-gereja yang ada kepada pembaruan, atau kembali kepada ajaran yang benar, yaitu yang Injili. Tetapi dalam kenyataannya sejak 1960-an telah berdiri sejumlah gereja yang baru, yang secara gamblang memakai istilah Injili pada nama yang digunakan, ataupun mengaku diri sebagai bagian dari gerakan atau gereja yang Injili. Dan belakangan ini gereja-gereja beraliran Injili membentuk sebuah wadah perhimpunan yang bernama Persekutuan Injili Indonesia (PII).   


H.   ADVENTIS

1.    Awal Kemunculannya.

      Aliran ini muncul pertama kali di Amerika Serikat pada awal abad ke-19. Aliran ini muncul di tengah-tengah kegundahan masyarakat Amerika Serikat baik karena pertikaian sosial maupun karena depresi ekonomi dan keuangan. Di tengah-tengah kegundahan masyarakat Amerika Serikat ini muncul  kelompok-kelompok dari kaum “Injili” yang sangat bersemangat dalam mengadakan penelaahan Alkitab. Bagian-bagian Alkitab yang sangat digandrungi untuk ditelaah adalah  bagian-bagian Alkitab yang berbicara tentang Advent Kedua (parousia), yakni kedatangan Tuhan Yesus kedua kali, dan eskaton (akhir zaman). Banyak di antara mereka yang mengambil bagian dalan penelaan Alkitab ini yakin bahwa  kedatangan kembali Kristus dan Hari Penghakiman akan segera tiba, dan milenium (Kerajaan Seribu Tahun) pun akan dimulai.
Ada beberapa orang tokoh yang dapat disebut sebagai pelopor/pendiri aliran Adventis ini. Salah seorang di antara mereka yang sangat perlu dicatat di sini  adalah William Miller. Penelitiannya atas Alkitab (terutama Dan.8:14) membawanya pada kesimpulan bahwa Kristus akan datang kembali pada tahun 1843, atau selambat-lambatnya tahun 1844. Kendati ramalan Miller ini (bahkan beberapa kali) tidak tepat, sebagian  pengikutnya  tetap setia, dan mereka inilah yang pertama kali membentuk Gereja Adventis.

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

a.    Kedatangan Kristus kedua kali  adalah pengharapan gereja yang penuh berkat, mahapuncak dari Injil. Kedatangan Juruselamat  akan berlangsung secara nyata, pribadi, kelihatan, dan seluas dunia. Ketika Ia kembali orang-orang benar yang mati akan dibangkitkan, dan bersama dengan orang-orang benar yang masih hidup akan dimuliakan dan dibawa ke Sorga, tetapi orang-orang fasik akan mati. Pemenuhan yang hampir tuntas dari kebanyakan nubuat, bersama dengan keadaan dunia masa kini, mengisyaratkan bahwa kedatangan Kristus segera terjadi.  Saat berlangsungnya peristiwa itu belum disingkapkan, dan karena itu kita diimbau agar siap sedia di segala waktu.

b.   Milenium adalah  seribu tahun pemerintahan Kristus dengan orang-orang sucinya di sorga di antara kebangkitan pertama dan kedua. Pada masa ini orang-orang jahat yang sudah mati akan dihakimi; bumi akan sama sekali sunyi sepi, tidak ada manusia hidup yang menghuni, melainkan diduduki oleh iblis dan malaikat-malaikatnya.  Pada akhir masa itu Kristus bersama orang-orang sucinya dan kota suci  akan turun dari sorga ke bumi.  Lalu orang-orang fasik yang telah mati akan dibangkitkan, dan bersama iblis dan malaikat-malaikatnya  akan mengitari kota itu,  tetapi api Allah akan menelan mereka  dan membersihkan bumi. Jadi alam semesta akan dibebaskan dari dosa dan para pendosa untuk selama-lamanya.

3.    Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia
Sejak tahun 1900 aliran ini telah hadir di Indonesia berbarengan dengan datangnya Ralph W. Munson di Padang, dari Singapura. Kemudian menyusul sejumlah misionaris Adventis lainnya dari Australia, Belanda dan Amerika.
Kendati aliran ini kurang berkembang dengan pesat (dibandingkan beberapa aliran lain) di Indonesia, ia telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa aktifitasnya yang sangat terkenal di Indonesia antara lain  lembaga-lembaga pendidikannya (dari TK hingga Universitas), Rumah-rumah Sakit, dan penerbitan majalah (terutama majalah kesehatan).

I.    SAKSI JEHOVA.

(Catatan: sebenarnya Saksi Jehova adalah sebuah Sekte yang bukan aliran Protestan dan tidak memiliki dasar pengakuan apostolik bersama dengan umat Kristen. Namun karena Sekte tersebut di Indonesia sering “dipaksa” dikotakkan sebagai Gereja Kristen/Protestan, kami juga membahasnya disini  secara singkat.)

1.   Awal Kemunculannya.

      Saksi Jehova berawal dari sebuah organisasi yang bernama Zion’s Watch Tower Bible and Tract Society,  yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1881. Di kemudian hari organisasi ini berubah nama menjadi Watch Tower Siciety.  Pendiri organisasi ini adalah Charles Taze Russel yang berlatar-belakang Presbyterian Skotland-Irlandia. Tetapi sejak tahun 1870 ia bergabung dengan sebuah kelompok yang bercorak Adventis.

     Sejak semula Russel berkata bahwa sebenarnya ia tidak bermaksud mendirikan gereja ataupun organisasi keagamaan baru, melainkan hanya sekedar “penerbitan” yang menyebarkan produknya, teutama lewat pos. Tetapi kemudian “agama pos” ini, demikian Russel, telah berkembang menjadi “organisasi Allah, dan satu-satunya bahtera keselamatan (sampai sekarang kaum Saksi Jehova selalu berkata bahwa organisasi mereka bukan gereja).

2.    Pokok-pokok Penting Ajarannya

    a.     Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus: Allah Bapa dan Putera Allah (Yesus Kristus) adalah dua pribadi dan Roh yang secara hakiki berbeda dan terpisah satu sama lain. Allah Bapa, Jehova, sang Pencipta, lebih tinggi dari sang Putera. Yesus Kristus adalah saksi dan pelayan utama dari Jehova, dan setiap saksi (warga Saksi Jehova) adalah pelayan yang mengikuti teladan Yesus Kristus. Roh Kudus bukanlah pribadi ke-Allah-an yang tersendiri, melainkan kuasa, daya atau pengaruh dari Allah Bapa.

    b.     Kedatangan Kristus kedua kali dan Milenium: Kedatangan Kristus kedua kali ke bumi akan didahului oleh Perang Harmagedon di bumi. Tetapi peristiwa itu didahului oleh perang antara Mikhael dan iblis. Setelah kalah, iblis “sang naga” dijatuhkan dan dipenjarakan di bumi. Setelah itu berlangsunglah Kerajaan Seribu Tahun di bumi, alias “Zaman Akhir Dunia Ini”, di mana Kristus memerintah sebagai raja, didampingi 144.000 orang-orang pilihan yang nantinya mewarisi sorga.

    c.      Kebangkitan dan Penghakiman :  Kendati Yesus bangkit dari kubur dan tampil seperti seorang manusia, bentuk kebangkitanNya yang sebenarnya adalah seperti Jehova, yaitu Roh, yang bukan duniawi atau manusiawi atau sesuatu apapun yang memiliki bentuk tertentu. Tentang kematian, kebangkitan dan penghakiman atas manusia dikemukakan bahwa roh dan tubuh manusia tidak pernah terpisah; karena itu jiwa manusia tidur setelah ia mati. Pada saat penghakiman umat manusia tidak serempak dihakimi.  Mereka yang menjalani kehidupan yang tidak benar di bumi dan telah berdosa terhadap Roh Kudus telah dihakimi sebelum Hari Penghakiman Agung. Mereka ini berada di luar pembaruan dan perbaikan dan tidak akan berdiri di hadapan Kristus pada Hari penghakiman agung, melainkan tertidur terus selama-lamanya.

3.    Jalan Masuk dan Perkembangannya di Indonesia

       Tidak diketahui dengan pasti kapan aliran ini pertama kali masuk ke Indonesia dan dari mana ia datang. Yang pasti ialah sejak dasawarsa  1960-an aliran ini telah sangat popular di Indonesia. Terutama pada dasawarsa 1970-an aliran ini sempat sangat popular, dalam arti berhasil meraih banyak peminat dan anggota  dan melakukan banyak kegiatan yang menarik perhatian masyarakat luas.
Yang membuat aliran ini kemudian “lebih terkenal” lagi di Indonesia ialah, pada tahun 1976 aliran ini secara resmi dilarang oleh pemerintah untuk berkegiatan di Indonesia, dengan alasan bahwa aliran ini dinilai - oleh pemerintah, bersama pimpinan organisasi agama atau gereja-gereja resmi - telah menyebarluaskan ajaran sesat yang menimbulkan keresahan dan gangguan dalam masyarakat yang bisa merusak kehidupan beragama di Indonesia.
Akan tetapi kendati dilarang, dalam kenyataannya penganut aliran ini  tetap beroperasi di Indonesia dengan giat. Akhirnya, seiring dengan merebaknya gerakan reformasi di Indonesia, khususnya pada masa pemerintahan presiden Abdurahman Wahid, aliran ini diizinkan oleh pemerintah untuk melakukan aktivitasnya kembali di Indonesia.


III. PENUTUP

      Demikianlah penjelasan (sangat) singkat tentang sembilan aliran gereja dari rumpun Protestan yang masuk dan berkembang  di Indonesia. Sebagaimana telah disinggung dalam Pendahuluan, karena kesempatan dan ruang yang sangat terbatas maka berbagai aspek dari aliran-aliran gereja ini tidak dapat diuraikan lebih rinci. Semoga melalui tulisan ini para pembaca dapat mengetahui secara garis besar aliran-aliran gereja yang ada dan berkembang di Indonesia. Kami (Penulis) berharap kiranya dengan mengetahui aliran-aliran lain (di luar aliran yang kita anut),  kita dapat lebih saling mengenal satu dengan yang lain, kendati ada beberapa perbedaan di antara kita.

      Akhirnya, mari kita berdoa semoga perbedaan-perbedaan yang terdapat di antara kita (gereja-gereja di Indonesia)  tidak akan menjadi batu sandungan bagi kita dalam bersaksi dan melayani di bumi Indonesia.

Pdt. Daniel Sopamena M.Th adalah Dosen Bidang
Sejarah Gereja dan Ekumenika STT Intim Makassar

Minggu, 30 Januari 2011

Fundamentalisme Kristen

Filed under: Tentang Agama — Oni Suryaman @ 8:23 am
Desember 18, 2008



reading_bibleFundamentalisme telah menjadi fenomena masyarakat modern, terutama sekali setelah peristiwa 9/11. Fundamentalisme seolah menjadi bintang panggung, entah sebagai seorang tokoh protagonis atau antagonis. Perhatian orang terhadap agama pun meningkat pesat. Semua orang memakai kata itu, namun sedikit orang yang memahami apa sesungguhnya arti kata fundamentalisme. Sebelum kita masuk lebih lanjut ada baiknya kita melihat terlebih dahulu makna kata fundamentalisme itu sendiri.

Arti Kata Fundamentalisme

Kata fundamentalisme berasal dari kata fundament, yang berarti fondasi atau dasar. Ada juga kata lain yang kerap kali dipakai sebagai sinonim fundamentalisme, yaitu radikalisme, yang berasal dari kata radix, yang berarti akar. Karena itu fundamentalisme bisa diartikan sebagai sebuah gerakan kembali ke dasar atau kembali ke akar. Dengan demikian, fundamentalisme agama berarti gerakan kembali ke ajaran semula, pada ajaran awal agamanya. Pengertian ini memiliki makna positif, karena jika kita menerima bahwa ajaran agama pada dasarnya adalah baik, maka gerakan kembali ke ajaran semula tentunya juga baik adanya. Pandangan ini pulalah yang banyak dipahami oleh para fundamentalis. Pengertian ini juga kerap disertai makna kembali pada masa keemasan di zaman dahulu di mana agama menduduki posisi sentral, dan umumnya masa yang diacu adalah masa umat pertama yang terbentuk di bawah bimbingan nabinya.[1]
Pengertian kedua yang juga sering ditempelkan kepada fundamentalisme adalah literalisme. Artinya mereka memahami arti kitab suci secara literal. Dalam beberapa hal tampaknya ini benar, namun tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian akan dijelaskan pada bagian lain dalam tulisan ini.
Pengertian ketiganya adalah revivalisme, yang berasal dari kata revival yang artinya kebangkitan kembali. Kebangkitan kembali di sini bisa diartikan sebagai kebangkitan iman atas kondisi keimanan masyarakat yang merosot. Kebangkitan ini juga bisa diartikan sebuah perlawanan terhadap ajaran standar yang dilihat telah merosot dan tidak sesuai dengan ajaran asli.
Makna fundamentalisme sendiri bisa dianggap sebagai gabungan dari semua makna di atas, meskipun ragam fundamentalisme sangat bermacam-macam dan kerap kali berubah dari waktu ke waktu. Kata “Fundamentalisme” sendiri sebenarnya melekat pada makna tersebut karena dua belas pamflet yang berjudul “The Fundamentals” yang diterbitkan di Amerika antara tahun 1910-1915.[2] Di dalamnya dimuat unsur-unsur doktrinal yang diakui sebagai “fundamental” bagi iman kristiani.[3] Curtis Lee Laws sendiri, seorang editor di koran The Watchman Examiner, sebuah koran gereja Northern Baptist, di tahun 1920 menuliskan bahwa seorang “fundamentalis” adalah orang yang berani melakukan perang habis-habisan untuk membela fundamen-fundamen imannya.[4] Jadilah kata tersebut melekat dalam penggunaan sampai sekarang.
Meskipun arti literal fundamentalisme sebenarnya kurang tepat untuk menggambarkan seluruh perilaku kaum yang kita sebut fundamentalis tersebut, namun karena faktor historis dan kesepakatan bersama, jadilah kata itu dipakai sampai sekarang untuk menggambarkan suatu subkultur agama yang akan kita bahas di dalam bahasan ini.
Kata fundamentalisme juga sering dikaitkan dengan kata konservatisme. Sulit untuk membedakan secara jelas perbedaan kedua kata ini. Untuk sekadar memudahkan saja, konservatisme biasa dipakai untuk mereka yang memegang ajaran standar agama pada umumnya, dan fundamentalisme untuk mereka yang melakukan tekanan tertentu pada ajaran agama sampai tahap ekstrim. Kedua pembagian ini bukanlah pembagian yang biner, tetapi lebih sebuah spektrum yang kontinyu. Pembagian ini juga bukan pembagian yang mutlak, sebab dalam beberapa contoh yang akan diberikan kemudian, terlihat bahwa beberapa fundamentalis pun bergeser ke arah konservatif seiring dengan waktu dan berubahnya keadaan.

Sekelumit Sejarah Fundamentalisme Kristen

Fundamentalisme meskipun mengklaim diri sebagai sebuah gerakan pemurnian ajaran atau kembali ke masa awal, ia adalah sebuah gerakan modern. Pemikiran tentang fundamentalisme baru mulai muncul ketika gereja sudah mapan di dalam Gereja Katolik Roma, yang memegang monopoli ajaran di abad pertengahan Eropa. Akar dari fundamentalisme Kristen sendiri bisa dirunut mulai dari awal Reformasi, walaupun Martin Luther maupun John Calvin sendiri sulit untuk dimasukkan ke dalam kategori fundamentalis, jika kita memakai ukuran masa kini.
Hal yang menjadi akar bagi fundamentalis yang dirintis gerakan Reformasi adalah tiga prinsip: sola gracia, sola fides, sola scriptura (hanya rahmat, hanya iman, hanya Kitab Suci). Secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut. Sola gracia berarti keselamatan hanya dapat datang dari Tuhan sebagai rahmat dan pemberian cuma-cuma. Ia tidak harus diperoleh dengan mengumpulkan kebajikan atau pahala. Sola fides berarti keselamatan yang merupakan rahmat hanya dapat diperoleh dengan pengakuan iman kepada Yesus Sang Juru Selamat. Ia menjadi satu-satunya jalan mencapai keselamatan. Sola scriptura berarti hanya Kitab Suci yang menjadi petunjuk manusia menuju Allah, dan dengan ini berarti seluruh hukum gereja tidak berlaku. Semua orang berhak melihat apa yang Tuhan inginkan melalui Kitab Suci, tanpa perantaraan imam[5] atau gereja. Ajaran ini juga sering disebut sebagai imamat seluruh umat beriman (priesthood of all believers). Dengan demikian setiap umat beriman boleh membaca dan menafsirkan Kitab Suci, tanpa tergantung pada ajaran resmi. Tuhan menyapa setiap orang melalui Kitab Suci.
Kesemua prinsip di atas adalah reaksi atas monopoli ajaran Gereja Katolik Roma. Mereka lahir dalam sebuah konteks. Imamat seluruh umat beriman misalnya adalah sebuah reaksi atas bobroknya kekuasaan para imam di zaman itu. Luther setelah melakukan penyelidikan di dalam Kitab Suci menemukan bahwa banyak praktek gereja di saat itu bertentangan dengan Kitab Suci. Ia pun menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa yang bisa dibaca awam[6], yaitu bahasa Jerman, karena Alkitab di waktu itu hanya tersedia dalam bahasa Latin dan Yunani yang tidak dimengerti orang biasa (meskipun belum banyak orang yang bisa membaca di waktu itu).
Akar kedua dari fundamentalisme adalah gerakan revivalisme di Eropa. Aliran-aliran baru yang muncul dari revivalisme ini adalah Anabaptisme, Puritanisme, Pietisme, dan Metodism yang lahir kurang lebih mulai dari abad ke-16 sampai 18. Kesemua gerakan ini lahir sebagai reaksi atas makin bergesernya Gereja Protestan ke arah kependetaan, upacara sakramen[7], dan semakin duniawi sehingga mereka melihatnya semacam arah kembali ke Katolik. Puritanisme Inggris misalnya lahir sebagai reaksi atas Gereja Inggris (Anglikan) yang mereka lihat masih memegang ritualisme dan sakramentalisme, dan semakin menyamai kepausan. Mereka lalu sewaktu hijrah ke tanah baru Amerika mempraktekkan agama Kristen sesuai dengan versi mereka.
whitefieldDi daratan Amerika inilah lahir gerakan yang bisa disebut proto-fundamentalisme. Gerakan ini biasa disebut dengan The Great Awakening (1720-1740). Salah satu penggeraknya bernama George Whitefield. Ia berkhotbah dari satu lapangan ke lapangan lain, karena pendengarnya tidak akan cukup kalau dimasukkan ke dalam gedung gereja. Ia sendiri adalah seorang pendeta Calvinis, meskipun terpengaruh oleh gerakan Metodisme yang dibawa oleh John Wesley. Sewaktu ia berkunjung ke Amerika pada tahun 1739-1740, ia menarik massa dengan khotbahnya yang berapi-api, yang berpusat pada hukuman mengerikan bagi para pendosa jika mereka tidak bertobat. Mereka yang hadir larut dalam eforia, terguncang dan menangis secara emosional. Ia sendiri telah mengalami pertobatan sewaktu masih kuliah, dan ia menamakan pengalaman ini sebagai “lahir baru”. Istilah ini dipakai sampai sekarang oleh para fundamentalis untuk menggambarkan suatu pertobatan radikal untuk menerima Yesus sebagai satu-satunya Juru Selamat.
jonathanedwardsDalam catatan tokoh gerakan ini, pendeta Jonathan Edwards, kita bisa melihat bagaimana terjadinya gerakan ini:
Sebelum terjadinya Kebangunan (Awakening), orang-orang di Northampton tidak benar-benar taat beragama. Tetapi di tahun 1734, dua anak muda tiba-tiba mati, dan kekacauan (catatan penulis: yang dikompori oleh khotbah Edward yang emosional) melanda kota. Orang-orang mendadak menjadi religius, dan menyebar seperti virus sampai ke seluruh Massachusetts dan Long Island. Semua orang berhenti bekerja dan hanya membaca Kitab Suci. Dalam enam bulan, tiga ratus orang telah mengalami “lahir baru”. Emosi mereka berubah drastis, dari emosi yang tinggi selangit lalu jatuh terjerembab; kadang-kadang seperti jatuh ke jurang yang dalam karena perasaan berdosa yang tak layak diampuni, lalu bangkit tertawa dan bersukacita sambil menangis karena merasa diselamatkan.[8]
Setelah segala sukacita dan kegaduhan berakhir di Northampton, seorang laki-laki bunuh diri, karena merasa bahwa kehilangan sukacita di dalam dirinya adalah pertanda bahwa ia terkutuk di neraka. Dua orang lain menjadi gila. Yang lain dapat kembali kepada kehidupan seperti semula. Begitu iman menjadi irasional, pengaman yang biasanya terdapat di dalam ajaran agama konservatif menjadi hilang, dan orang dapat dengan mudah terserang segala macam delusi. Ritual dalam ajaran standar biasanya dirancang untuk dapat memberikan perasaan spiritual tanpa membahayakan keselamatan secara psikologis. Pada peristiwa di Northampton ini, mereka tidak melaksanakan ritual tertentu tetapi tenggelam ke dalam eforia massa tanpa aturan, semuanya terjadi spontan. Dan bagi beberapa orang, akibatnya fatal.[9]
Kebangunan Besar Kedua (The Second Great Awakening) terjadi mulai tahun 1790-an di New England, beberapa dekade setelah melemahnya Kebangunan Pertama. Jika Kebangunan Pertama berpusat di daerah utara, Kebangunan Kedua ini berpusat di daerah selatan, di daerah-daerah perkebunan yang banyak mempekerjakan buruh-buruh. Pertemuan tenda banyak diadakan di daerah perbatasan Kentucky dan Tennessee. Belasan ribu orang berkumpul di tenda-tenda untuk mendengarkan khotbah yang berapi-api, menyanyikan lagu pujian, dibaptis di sungai setempat dan berdoa dengan khusyuk untuk keselamatan keluarga dan teman mereka dari api neraka.[10]
Gerakan-gerakan kebangunan seperti ini mengkhawatirkan golongan pendeta yang memegang hirarki gereja. Pertobatan emosional terjadi dalam waktu yang singkat, dan mereka yang berkhotbah adalah pendeta yang mengangkat dirinya sendiri dan kurang berpendidikan. Pada akhirnya terjadi pemisahan dari gereja besar dan membentuk gereja baru yang diperintah oleh umat sendiri.[11]
Lahirnya gerakan ini di Amerika Serikat adalah sesuatu yang patut dicermati. Pertama, Amerika adalah tanah baru tempat pelarian agama-agama yang ditindas di Eropa. Ia lahir di tempat yang belum terjangkau yurisdiksi agama-agama. Di Amerika, di sebuah tempat pelarian, keikutsertaan pada sebuah agama menjadi sebuah kebebasan individu, bukan keterpaksaan seperti di Eropa. Ini adalah sebuah ide yang sungguh modern, di mana kebebasan individu dihargai. Yang kedua adalah konteks sosial ekonomi. Mulai bertumbuhnya kota-kota di Eropa menciptakan masalah baru yaitu kemiskinan di kota yang kumuh. Di Amerika juga terjadi hal yang sama, kota-kota baru terbentuk dan perkebunan dibuka. Gereja-gereja tua yang lebih mapan lambat dalam merespons gerakan ini. Gereja masih berkutat dalam masalah teologi dan terlambat untuk melihat kenyataan bahwa modernisme telah menciptakan sebuah realitas baru. Kemiskinan hanya sekadar menjadi tanda supaya ada kebajikan dari orang-orang yang kaya. Gerakan-gerakan baru seperti Metodis mampu bergerak lebih cepat dan memberikan makna bagi masyarakat kelas bawah ini. Pertemuan-pertemuan mereka lakukan di perkebunan-perkebunan atau di daerah-daerah kumuh. Kondisi ini memberikan sumbangan besar bagi revivalisme yang memang sebagian besar jemaatnya adalah masyarakat kelas bawah.[12]
Gerakan revivalis pertama seperti ini yang melahirkan kelompok baru seperti Metodis di Inggris, Pietis di Jerman, dan Puritan sebenarnya juga melahirkan pembaharuan sosial. Charles Finney (1795-1875), melahirkan banyak gerakan pembaharuan sosial dan karitatif. William Wilberforce (1759-1833) adalah seorang anggota parlemen Inggris yang memperjuangkan undang-undang anti-perbudakan yang berhasil diundangkan pada tahun 1807.[13]
Revivalisme seperti yang diceritakan di atas belumlah membentuk sebuah fundamentalisme modern seperti yang kita kenal sekarang. Mereka lebih seperti reaksi spontan atas kondisi gereja saat itu dan kebetulan bersamaan dengan kondisi sosial masyarakat bawah yang baru terbentuk akibat modernisasi. Fundamentalisme dalam wajah seperti yang kita kenal sekarang baru mulai terbentuk setelah munculnya teologi liberal. Teologi liberal memperlakukan teks Kitab Suci seperti halnya teks lain yang bisa dianalisis dan dikritik. Kritik Tinggi seperti yang dilakukan para sarjana Jerman seperti Wellhausen dan Graf mengatakan bahwa Kitab Taurat, yang secara tradisi dipercaya ditulis oleh Musa, ditulis pada periode terakhir masa Perjanjian Lama oleh para pendeta Yahudi kira-kira abad ke-8 SM. Kritik Tinggi juga melihat bahwa Kitab Taurat ditulis oleh lebih dari satu pengarang dari hasil analisis sastra. Mereka juga mencoba menjelaskan segala peristiwa dan mukjizat dengan metode ilmiah sehingga terlihat lebih masuk akal dan menghilangkan segi keajaibannya.[14]
Hasil penelitian seperti ini merupakan pukulan yang luar biasa bagi mereka yang mempercayai bahwa Kitab Suci adalah wahyu Ilahi yang menginspirasi para nabi untuk menuliskannya dan apa yang tertulis di dalam Kitab Suci adalah benar kata per kata. Inilah yang memicu munculnya fundamentalisme modern yang berkesinambungan sampai sekarang.
Lubang ketidakpastian yang dimunculkan oleh teologi liberal ini dicoba ditutupi oleh mereka yang membutuhkan kepastian. Salah satunya adalah oleh Arthur Pierson yang ingin membuat Kitab Suci terjelaskan secara benar dan ilmiah di dalam bukunya “Many Infallible Proof” yang terbit tahun 1895. Seminari The New Light Prebysterian di Princeton menjadi benteng aliran Kristen fundamentalis ini terhadap gempuran modernisme. Pada tahun 1873, Charles Hodge yang mengajar teologi di sana menerbitkan buku “Systematic Theology” yang berisikan argumen bahwa Kitab Suci harus dipahami secara literal, bukan alegori atau simbolik. Ia ingin memberlakukan Kitab Suci sebagaimana buku sains yang sistematik dan terbuktikan oleh fakta.[15]
moodyDwight L. Moody, yang dikenal sebagai bapak kaum fundamentalisme Amerika, bergerak lebih maju lagi. Ia mendirikan Moody Bible Institute di tahun 1886 dengan tujuan untuk melahirkan para penginjil yang mampu melawan ajaran Kritik Tinggi yang dinilainya sebagai ancaman bagi umat Kristen. Ia tidak bermaksud mencetak teolog terpelajar melainkan menciptakan para penginjil yang mampu memberikan penjelasan kepada umat biasa yang bingung dengan fakta yang dibeberkan teologi liberal. Ia percaya bahwa teologi liberal-lah yang telah menghancurkan Amerika, dan ia ingin menyelamatkannya. Ia juga seorang premilenialis[16] yang percaya bahwa kondisi tidak akan membaik melainkan akan terus memburuk sampai Yesus datang. Di lain pihak ia memulai kerja sosial dengan memberikan pelayanan sosial bagi orang-orang miskin. Ia juga tidak menutup diri dan mau bekerja sama dengan umat Kristen aliran mana pun, asal orang-orang berdosa mau menerima Kristus dan diselamatkan. Moody Bible Institute bertahan sampai saat ini sebagai salah satu kubu terkuat kaum fundamentalis.[17] Pengorganisasian gerakan fundamentalisme dengan pendirian sekolah penginjil seperti ini menjadi semacam tren. Menjelang 1930, paling tidak ada lima puluh Bible College milik kelompok fundamentalis di seluruh Amerika Serikat. Sewaktu Great Depression berdiri lagi sebanyak dua puluh enam buah.[18]
johnnelsondarbyPerang Sipil yang meluluhlantakkan Amerika juga melahirkan sebuah teologi baru. John Nelson Darby di antara tahun 1859-1877 berkeliling Amerika dan menyebarkan ajaran premilenialisme versinya dengan mengatakan bahwa perang akan membawa ke akhir zaman dan Yesus akan segara datang untuk membereskannya. Salah satu poin penting dalam ajaran Darcy adalah tentang “pengangkatan ke awan-awan” (rapture)[19], orang Kristen yang benar akan menghilang dan terangkat ke surga dan terhindar dari Armageddon yang membawa penderitaan bagi mereka yang tidak percaya. Ayat ini dipercaya secara literal oleh para fundamentalis sampai saat ini dan memegangnya sebagai salah satu kunci sentral ajaran mereka. C. I. Scofield yang menerbitkan The Scofield Reference Bible di tahun 1909 mengukuhkan posisi premilenialis. Ia melihat Kitab Suci sebagai kitab sejarah untuk masa lalu, masa kini, dan masa depan. Kitab Suci terbitannya penuh dengan referensi sejarah. Tafsir Scofield oleh para fundamentalis dianggap sama sahihnya dengan Kitab Suci itu sendiri.[20]
Perang Dunia Pertama juga dilihat dengan kaca mata yang sama (setelah ternyata Perang Sipil tidak mendatangkan kiamat). Perang yang dahsyat ini dilihat sebagai penggambaran Armageddon dari Kitab Wahyu.[21] Tiga konferensi besar bertajuk Prophecy Conference digelar selama 1914-1918 untuk melihat “tanda-tanda zaman”.[22] Deklarasi Balfour[23] dilihat sebagai pemenuhan nubuat di dalam Kitab Suci yang mengatakan bahwa sebelum zaman akhir umat Israel akan kembali ke tanah terjanji, Palestina. Rusia dilihat sebagai bangsa dari Utara yang akan menyerang Israel sesaat sebelum Armageddon.[24]
Gerakan Protestanisme di Amerika Serikat di antara tahun 1900-1920 melahirkan “Social Gospel” dengan tujuan membawa Tuhan ke ranah publik, di kota dan pabrik. Gerakan ini mendirikan banyak kerja-kerja sosial di penjara, tempat kumuh dan kawasan pabrik. Masa ini adalah masa bulan madu antara kaum liberal dan konservatif. Mereka bekerja sama dalam program-program sosial walaupun berbeda secara ideologi. Kaum fundamentalis melihat bahwa perjuangan melawan kemiskinan adalah sebuah perjuangan melawan setan dan materialisme. Meskipun demikian para fundamentalis kemudian mulai kritis terhadap gerakan ini karena melihat tidak ada gunanya untuk menyelamatkan dunia ini dan lebih baik menunggu kedatangan Yesus. Kemudian mereka mulai memisahkan diri dengan kaum liberal karena kaum liberal mulai bekerja sama dengan kaum kiri. Tetapi mereka masih meneruskan karya-karya sosial mereka.[25]
pentecontalismDi saat yang bersamaan, sebuah arus baru muncul di dalam gerakan fundamentalisme. Gerakan tersebut adalah gerakan Pentekostalisme. Gerakan ini lahir di Parham’s Bethel Bible College di Topeka, Kansas, 1 Januari 1901, saat Agnes Oznam, tiba-tiba meracau dalam bahasa yang tidak dikenal. Tak lama berselang, para pengikut yang lain pun mengalami hal yang sama. Pendeta di gereja tersebut, Charles Parham memahami kejadian ini sebagai pembaptisan oleh Roh Kudus yang membuat mereka “berbahasa roh”, yang mengacu pada kejadian Pentekosta yang tertulis di dalam Kitab Suci. [26] Kejadian ini dilihat oleh para penganutnya sebagai tanda bahwa akhir zaman sudah dekat. Gerakan ini meluas secara nasional dan internasional setelah berpusat di Azusa Street, Los Angeles di bawah pimpinan William Seymor, seorang yang mengalami pertobatan di bawah pendeta Parham. Gerakan ini berpusat pada ekstasi massal yang kemudian berbahasa roh dan penyembuhan baik secara spiritual maupun fisik. Mereka tidak begitu tertarik dengan isi Kitab Suci maupun tafsirnya. Mereka ibarat mempunyai saluran telepon langsung dengan Tuhan.[27] Munculnya arah baru ini tidak diamini oleh seluruh fundamentalis. Gerakan fundamentalis menganggap gerakan ini sesat karena langsung mendasarkan ajaran mereka pada kehadiran Ilahi melalui bahasa roh, bukan pada teks Kitab Suci.[28]
Pukulan berikutnya yang akan membuat gerakan fundamentalisme menjadi ekstrim datang dari penerbitan Origin of Species-nya Charles Darwin di tahun 1859. Meskipun sebenarnya Darwin tidak membahas tentang penciptaan makhluk hidup di dalam bukunya itu, masyarakat Kristen sudah terlanjur menganggap bahwa Darwin mengajarkan penciptaan tanpa Tuhan. Darwin sebenarnya sekadar mengatakan bahwa keanekaragama hayati timbul akibat seleksi alam, yang memang tidak terdapat di dalam Kitab Suci yang mengatakan bahwa segala ciptaan sudah diciptakan demikian adanya sejak awal mula penciptaan. Darwin telah menggeser posisi manusia dari makhluk spesial ciptaan Allah menjadi sama dengan binatang yang tunduk pada hukum alam.[29]
monkeycartoonMulanya masalah evolusi tidak menjadi sebuah permasalahan besar, semata-mata sebuah masalah baru untuk menambah masalah-masalah lama yang memang memisahkan mereka dari kaum liberal. Masalah teori evolusi ini menjadi besar ketika terjadi pengadilan di tahun 1925 atas John Scopes, seorang guru di Dayton, Tennessee, yang mengajarkan teori evolusi di sekolah. Ia didakwa melanggar undang-undang negara bagian Tennesse yang memang melarang pengajaran teori evolusi Darwin. Pengadilan tersebut menjadi medan peperangan antara para modernis rasionalis dan fundamentalis Kristen. Para modernis diwakili oleh pengacara Scopes, Clarence Darrow, sedangkan penuntutnya adalah William Jennings Bryan. Scopes kalah dalam pengadilan tersebut dan didenda $100, yang ditanggung oleh ACLU (American Civil Liberty Union). Tetapi kemenangan sesungguhnya berpihak pada para rasionalis karena di dalam persidangan Darrow berhasil memaksa Bryan untuk mengakui di depan majelis bahwa Bumi lebih tua dari enam ribu tahun, dan mengakui bahwa satu hari penciptaan di dalam Kitab Kejadian adalah lebih dari dua puluh empat jam dan dengan demikian mengakui bahwa Kitab Suci tidak bisa dibaca secara literal. Kemenangan para rasionalis ini mendapatkan publikasi besar-besaran dan ini membuat para fundamentalis makin menutup diri, untuk kemudian bangkit kembali secara lebih fanatik.[30]
billygrahamGerakan fundamentalis mengalami kemunduran setelah kasus Scopes, dan mengurung diri untuk konsolidasi. Di dalam kubu mereka juga terjadi perpecahan. Yang lebih mau bekerja sama dengan golongan lain menamakan diri mereka “evangelis”, sedangkan para “fundamentalis” tetap bertahan dalam kelompok mereka dan menyetankan gerakan lain.[31] Gerakan evangelis ini diwarnai oleh orang seperti Billy Graham yang membawa gerakan ini ke khalayak ramai bahkan sampai ke panggung politik, dan menjadikannya menjadi salah satu penasihat presiden Amerika Serikat.[32]
Fundamentalisme kemudian mulai bangkit kembali dengan menunggang dua isu besar: Perang Dingin dan gerakan persamaan hak sipil. Dalam isu Perang Dingin mereka menunggangi Senator McCharty yang melakukan pembersihan terhadap komunisme di tanah Amerika.[33] Dalam isu persamaan hak sipil, terutama kulit hitam, muncul Ku Klux Klan di daerah selatan yang melakukan gerakan anti-integrasi. Perlawanan juga dilakukan sewaktu ada usulan Equal Right Amendment (ERA). Bangkitnya gerakan liberal seperti hippies, gay dan lesbian ditahun 1960-an, memancing gerakan fundamentalisme untuk melakukan perlawanan keras. Buku Tim LaHaye “The Battle for Mind” yang terbit di tahun 1980 menggambarkan pergulatan ini dalam isu-isu seperti: pelarangan doa di sekolah, ERA, gay, aborsi, “sekular humanisme”, pembatasan hukuman badan terhadap anak, sertifikasi sekolah Kristen, dan penyelidikan terhadap keuangan organisasi gereja.[34]
Era teknologi membuat gerakan fundamentalis juga berevolusi. Tokoh seperti Billy Graham mulai menggunakan televisi sebagai sarananya, dan dimulailah era “televangelis” dan tumbuh berkembang subur sampai sekarang. Di tahun 1979, sebuah poling yang dilakukan Gallup menunjukkan bahwa ada sekitar 1.300 stasiun radio dan televisi evangelis di seluruh Amerika Serikat, dengan pemirsa sebesar 130 juta orang, dan menghasilkan keuntungan sebesar mulai dari $500 juta sampai “milyaran” dolar.[35]
Melihat perkembangan yang luar biasa ini, fundamentalis yang sebelumnya adalah sebuah gerakan yang menarik diri dari dunia yang penuh dosa mulai menyadari kekuatan mereka, dan mulai berani masuk ke dalam kontes politik. Jerry Falwell di tahun 1979 mendirikan gerakan yang dinamai Moral Majority, dengan tujuan untuk mengajak para fundamentalis untuk terlibat di dalam politik dan menggagalkan agenda pemerintah yang mereka sebut sebagai “sekular humanisme”. Kekuatan mereka terlihat dalam terpilihnya wakil Partai Republik Ronald Reagen dalam pemilihan presiden. Gerakan ini sendiri, meskipun awalnya dimotori oleh tokoh fundamentalisme, tidak membatasi diri pada kelompok mereka saja. Mereka mulai merangkul denominasi Kristen yang lain, bahkan Pentekostal, Katolik, Mormon, Yahudi, dan sekularis yang sepikiran dengan mereka sejauh menyangkut agenda-agenda politik.[36]
Besarnya pengaruh mereka bisa terlihat sampai sekarang melalui terpilihnya George W. Bush selama dua periode. Sentimen agama juga selalu didengungkan dalam kampanye presiden Amerika yang baru lalu antara McCain dan Obama. Ini terlihat dari survei yang dilakukan dalam Fundamentalism Project yang dilakukan Marty dan Appleby terhadap penduduk Amerika Serikat:
· 44 persen percaya bahwa keselamatan hanya datang melalui Yesus Kristus;
· 30 persen menggambarkan diri mereka sebagai telah “lahir baru”;
· 28 persen percaya bahwa Alkitab harus dibaca secara literal;
· 27 persen tidak percaya bahwa Alkitab bisa mengandung kesalahan saintifik maupun sejarah; dan
· hanya 9 persen yang menyatakan dirinya sebagai fundamentalis.[37]

Karakteristik Fundamentalisme Kristen

Sulit untuk menyatukan seluruh fenomena fundamentalisme Kristen ke dalam satu kategori. Fenomena fundamentalisme lebih terlihat sebagai sekumpulan fenomena yang tidak tetap dan terus berevolusi sesuai dengan tantangan yang mereka hadapi. Namun beberapa ciri berikut ini bisa menjadi semacam petunjuk.

Ketiadasalahan (inerrancy) Alkitab

Ciri ini adalah ciri yang paling mutlak dari ciri-ciri lainnya. Berlawanan dengan pandangan umum, cara pembacaan Alkitab kaum fundamentalis tidaklah harfiah. Pembacaan harfiah terhadap Alkitab adalah sesuatu yang tidak mungkin karena di dalamnya terdapat kontradiksi-kontradiksi. Kontradiksi yang terjadi di dalam Kitab Suci tentu tidak bisa diterima oleh kaum fundamentalis. Untuk itu mereka harus mengembangkan suatu teknik pembacaan yang tetap membuat Alkitab tidak mungkin salah.[38]
Cara pembacaan yang memungkinkan untuk menghindarkan kesalahan Kitab Suci adalah dengan berganti-ganti dari pembacaan harfiah dan non-harfiah atau alegoris. Beberapa bagian Alkitab yang mereka tetapkan sebagai fundamen dibaca secara harfiah. Jika ada ayat yang lain yang kelihatannya kontradiktif dengan fundamen yang telah mereka tentukan, mereka akan berganti ke pembacaan non-harfiah.[39]
Cara pembacaan lain adalah dengan melakukan harmonisasi. Harmonisasi adalah sebuah usaha untuk menggabungkan dua versi atau lebih dari sebuah cerita yang sama. Jika misalnya sebuah kejadian digambarkan terjadi di hari Senin di satu versi dan hari Selasa di versi lain, maka usaha harmonisasi yang dilakukan mengatakan bahwa ada dua kejadian, yang terjadi di hari Senin dan Selasa, karena Alkitab tidak mungkin salah.[40]
Usaha untuk membaca Alkitab secara tiada-salah adalah salah satu fenomena modernisme. Dalam sejarahnya Alkitab justru dilihat sebagai mythos, bukan logos. Taurat, sebagai bagian dari Perjanjian Lama di dalam Alkitab dalam tradisi Midrash Yahudi tidaklah dibaca secara harfiah. Setiap kali mereka membaca ayat yang sama, arti yang baru akan muncul sesuai dengan kebutuhan di saat itu. Mereka melakukan hermeneutika yang tidak ada habis-habisnya terhadap teks. Justru karena Taurat bisa memberikan makna yang tiada habis-habisnya, maka IA adalah kitab yang suci. Tidak ada satu pun tafsir yang otoritatif terhadap satu ayat.[41]
Di satu pihak, kaum fundamentalisme menolak modernisme, tetapi mereka justru menerapkan metode keketatan ilmiah terhadap Kitab Suci. Mereka dengan demikian justru adalah anak-anak dari logos, berlawanan dengan tradisi Yudeo-Kristiani berabad sebelumnya yang justru membaca Kitab Suci sebagai sebuah mythos.

Semangat separatis

Semangat separatis juga menjadi ciri yang sangat kuat di dalam kaum fundamentalis. Semangat ini masih berhubungan dengan ciri yang pertama, yaitu ketiadasalahan Alkitab. Di dalam keyakinan teguh terhadap Alkitab, mereka mempostulatkan bahwa ada Injil sejati yang tersembunyi di dalamnya. Hanya merekalah, kaum fundamentalis, yang mengetahui Injil sejati ini, dengan cara pembacaan tertentu terhadap Alkitab. Umat manusia, bahkan gereja, dengan demikian terbagi atas dua kelompok, kelompok yang menerima Injil sejati, dan tidak menerima Injil sejati. Yang menerima Injil sejati akan diselamatkan, dan yang lain terkutuk di dalam api neraka.
Mereka menganggap dirinya sebagai Kristen sejati, dan mengatakan bahwa golongan Kristen yang lain sebagai Kristen nominalis, alias Kristen KTP. Untuk menjadi seorang Kristen dibutuhkan pertobatan sejati yang disebut sebagai “lahir baru”. Pembaptisan yang dalam tradisi Kristen adalah sebuah tanda pertobatan dan keselamatan dianggap tidaklah cukup untuk menjamin keselamatan.[42]
Untuk menekankan perbedaan dengan kelompok lain, mereka menekankan pada kemurnian moral. Mereka melakukan praktek-praktek moral yang dititikberatkan pada kemurnian seksual dan tidak minum minuman keras serta merokok, tidak berjudi, dan menolak hiburan yang tidak sehat. Semakin keras suatu aliran fundamentalis, tekanan pada kemurnian moral ini biasanya menjadi semakin keras.[43]
Ada juga beberapa kelompok fundamentalis yang melakukan pemisahan diri secara mutlak dari masyarakat seperti komunitas Amish, salah satu pecahan kelompok Mennonite. Mereka menolak untuk ikut serta dalam seluruh aktivitas duniawi dan menolak teknologi secara total dengan hidup tanpa listrik dan telepon, karena menganggap bahwa teknologi merupakan godaan yang dapat menghancurkan komunitas dan iman mereka.[44] Kelompok lain seperti Society of Friends yang lebih dikenal dengan nama Quaker, yang merupakan pecahan dari Puritanisme juga menerapkan separatisme. Mereka menitikberatkan ajaran mereka pada “perjumpaan pribadi” dengan Tuhan. Tetapi mereka paling terkenal dengan paham pasifisme mereka dengan tidak mau melibatkan diri dalam perang dengan menolak menjadi tentara, dan kalau pun diwajibkan menjadi tentara mereka hanya mau menjadi pendeta atau paramedik.[45] Begitu pula dengan kelompok Brethren yang terpengaruh oleh gerakan Pietisme. Mereka juga menitikberatkan ajaran pada pasifisme.[46]
Menarik untuk dilihat bahwa justru dari kelompok separatis pasif yang menarik diri seperti Mennonite, Friends, dan Brethren, lahir para pecinta damai yang justru seratus delapan puluh derajat berbeda dengan fundamentalis yang lain yang bercirikan kekerasan. Ideologi pasif dan separatis mereka justru membawa mereka kepada pluralisme dan sekarang ketiga aliran di atas justru menjadi menjadi pelopor perdamaian dan pluralisme yang aktif di Amerika.[47]

Mesianisme

Semangat mesianisme ini paling terlihat dari ajaran premilenialisme. Pandangan premilenialis ini cenderung menjauhkan mereka dari usaha pembaharuan sosial menuju yang lebih baik, karena mereka menganggap bahwa dunia sudah jatuh dan tidak bisa diperbaiki lagi. Satu-satunya yang bisa dilakukan hanya menunggu kedatangan Juru Selamat.
Penantian Juru Selamat ini biasanya digambarkan secara dramatis. Seluruh sejarah dunia dilihat sebagai menuju zaman akhir. Semakin mereka dilawan, semakin akan menguatkan semangat mereka karena mereka yakin itu adalah pertanda bahwa akhir zaman sudah dekat.
Bukan hanya diri mereka sendiri yang dimasukkan ke dalam skema eskatologis melainkan juga lawan-lawan mereka. Komunisme dan liberalisme umumnya mereka lihat sebagai pengejawantahan dari setan sendiri. Bahkan Liga Bangsa-Bangsa mereka lihat sebagai anti-Kristus dan Uni Eropa yang mulanya beranggotakan sepuluh negara mereka gambarkan sebagai makhluk apokaliptik yang berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh.[48]
Pandangan seperti ini kemudian ada yang berevolusi ke posmilenialis yang lebih optimis. Tentu saja gerakan ini banyak dicemooh oleh rekan-rekan mereka yang lain dan dianggap sesat. Ini menunjukkan bahwa fundamentalisme juga sebenarnya bukan sesuatu yang stagnan. Ia mampu mengubah dirinya sesuai dengan tantangan zaman, atau dengan bahasa yang lebih negatif bisa disebut oportunis. Di lain pihak jika dilihat secara positif, kelompok posmilenialis ini pada akhirnya justru bekerja sama dengan kelompok liberal dan environmentalis untuk mewujudkan kondisi dunia yang lebih baik.

Militansi dan Reaktif

Militansi adalah sebuah konsekuensi logis dari ideologi separatis. Militansi ini juga diciptakan dari ketakutan yang selalu disebarkan. Militansi ini bisa dilihat sebagai sebuah strategi untuk penguatan komunitas yang merasa dirinya terancam di tengah musuh-mereka.
Ayat yang mereka kutip untuk membenarkan semangat ini adalah:
Tetapi kalian suam-suam kuku; panas tidak, dingin pun tidak. Itu sebabnya kalian akan Kumuntahkan keluar dari dalam mulut-Ku. (Wahyu 3:16)
Mereka juga selalu mendefinisikan diri mereka dengan definisi negatif, sebagai anti-ini dan anti-itu. Ini sebenarnya adalah sebuah politik identitas yang erat kaitannya dengan strukturalisme, yang adalah sebuah anak dari modernisme. Untuk itulah seorang fundamentalis sejati sangat sulit untuk mau bekerja sama di luar kelompoknya.
Militanisme ini dipelihara dengan menekankan semangat separatis terus-menerus ke dalam kelompok. Penekanan ini bahkan diteruskan setelah anggota yang telah bergabung ke dalam kelompok mereka. Dosa dan pengakuan iman terus menerus menjadi tema sentral sebagai pemisah antara mereka yang selamat dan tidak selamat. Pertobatan dan kesaksian dipelihara sebagai ritual yang menunjukkan pemisahan antara mereka yang selamat dan tidak. Tegangan-tegangan yang dipelihara ini menyebabkan semangat militanisme tetap terpelihara.
Militanisme ini juga dipelihara dengan drama eskatologis yang mengangkat pertarungan yang baik dan jahat sampai pada level kosmik. Kelompok-kelompok yang berbeda dengan mereka didemonisasi. Pengikutnya selalu diingatkan bahwa mereka sedang berada pada zaman akhir. Krisis sedang terjadi, baik itu krisis yang nyata maupun krisis yang dipersepsikan oleh para pemimpin mereka. Kesadaran ini juga berkontribusi untuk mempertahankan militanisme mereka.[49]

Menolak modernitas secara selektif

Dari awalnya gerakan fundamentalisme adalah perlawanan terhadap modernisme. Perlawanan ini mulai terlihat dari gerakan revivalisme yang merupakan perlawanan terhadap perubahan sosial yang ditimbulkan oleh awal industrialisasi. Tetapi perlawanan yang paling keras atas modernisme adalah perlawanan terhadap teologi liberal khususnya Kritik Tinggi dalam kritik biblika. Perlawanan yang kedua adalah perlawanan terhadap teori evolusi Darwinian. Dan yang ketiga dan yang paling sering didengungkan saat ini adalah perlawanan terhadap apa yang mereka sebut “sekular humanisme”. Sekular humanisme adalah sebuah kebun binatang yang mereka gunakan untuk menampung segala macam gerakan yang tidak sesuai dengan doktrin fundamentalisme. Di dalamnya termasuk ateisme, agnostisisme, liberalisme, sosialisme, komunisme, gerakan persamaan hak sipil, gay dan lesbian, aborsi, persamaan ras, perjuangan buruh, pluralisme, sains modern, kebebasan pers, dan lain-lain.
Meskipun mereka menolak modernisme dalam arti luas, tetapi mereka secara terbuka sebenarnya mengakui bahwa mereka sebenarnya mengadopsi modernisme dalam bentuk tertentu, yaitu secara Baconian. Bacon sebagai seorang rasionalis awal mengatakan bahwa kita tidak bisa mempercayai indra kita sepenuhnya dan harus bergantung pada rasio kita. Mereka menerapkan logika deduktif Francis Bacon dengan menggunakan Kitab Suci sebagai premis. Dan mereka menurunkan semua kebenaran sains yang mereka anut berdasarkan prinsip ini. Tentu saja ini bertentangan dengan logika sains yang telah menganut logika induksi yang mengumpulkan data dan kemudian menganalisisnya dan mengambil kesimpulan darinya. Prinsip-prinsip induksi yang dipakai sains ini tidak bisa mereka terima dan mereka klaim sebagai sesat dan bertentangan dengan Kitab Suci.[50]
Penolakan mereka terhadap sains juga adalah sebuah tindakan yang ahistoris. Calvin dan Luther sendiri tidak mengharapkan Alkitab untuk menjadi sebuah kitab sains. Orang yang ingin belajar astronomi harus mempelajarinya di tempat lain, bukan di kitab suci. Kitab Suci dianggap benar sejauh menyangkut masalah hubungan manusia dengan yang ilahi, bukan benar secara sainfitik.[51]
Penerimaan kaum fundamentalis paling jelas terlihat dengan diterimanya teknologi, teknik-teknik komunikasi massa dan korporasi dengan basis laissez-faire. Mereka memanfaatkan media sepenuh-penuhnya. Billy Graham sendiri berkata, “Saya menjual produk terbesar di dunia. Mengapa produk saya tidak boleh dipromosikan sama baiknya dengan sebuah sabun?”[52] Mereka menggunakan teknik-teknik komunikasi massa bahkan psikologi tercanggih untuk melahirkan sebuah produk agama yang mudah dikonsumsi umum, dan yang paling penting membuat massa tergantung pada mereka sehingga terus kembali untuk mengonsumsi. Gereja-gereja harus bersaing ketat untuk mendapatkan umat (baca: uang) sehingga mampu mempertahankan eksistensi mereka.
Fundamentalisme adalah bisnis milyaran dolar, dengan jaringan media, penerbitan, sekolah, bahkan museum dengan menciptakan sebuah subkultur tersendiri. Mereka tidak tergangggu oleh kenyataan bahwa fundamentalisme kini telah menjadi sebuah bisnis besar yang mendatangkan uang, padahal hal ini bertentangan dengan ajaran Yesus sendiri yang menolak kekayaan duniawi.[53] Mereka berkhotbah kepada umatnya agar menyumbang demi kerajaan Allah dan mendahulukan gereja. Tetapi mereka sendiri hidup mewah seperti The Bakkers pemilik jaringan Praise The Lord and People That Love yang menghabiskan $375 ribu untuk kondominium mereka yang mengarah ke laut dan $22 ribu untuk membeli kaca setinggi langit-langit untuk kondo mereka.[54]
Dan yang paling jelas adalah, secara tradisional kelompok fundamentalis adalah pendukung kelompok korporasi yang tidak menginginkan regulasi pemerintah sebagai pembatas gerakan mereka. Mereka adalah kantong suara Partai Republik yang lebih banyak berpihak pada korporasi, dan menolak kebijakan seperti menaikkan pajak dan menaikkan tunjangan sosial.
Menarik untuk dilihat bahwa para pengikut gerakan fundamentalis yang mengutuk modernisme, ternyata banyak di antara mereka yang diuntungkan oleh modernisme itu sendiri. Karakteristik pengikut gerakan revivalisme di abad ke-18 yang sebagian besar adalah masyarakat bawah tidak lagi berlaku untuk fundamentalisme modern. Seorang dokter yang memakai teknologi modern untuk menyembuhkan pasiennya dengan teknologi paling mutakhir bisa saja percaya bahwa Bumi diciptakan enam ribu tahun yang lalu. Ini disebabkan oleh karakteristik perkembangan ilmu pengetahuan yang menuju spesialisasi sehingga seorang tidak perlu menguasai seluruh kaidah-kaidah dasar ilmu pengetahuan untuk bisa menerapkannya.[55]

Kesimpulan

Fundamentalisme adalah sebuah fenomena modernisme yang tidak akan lahir tanpa modernisme. Pertama, ia adalah reaksi terhadap modernisme itu sendiri. Modernisme telah menghilangkan misteri yang penting dalam sebuah agama. Sains telah menghilangkan kepastian Alkitabiah menjadi sebuah eksplorasi sains yang tidak pasti. Kehilangan pijakan seperti ini adalah sesuatu yang mengerikan bagi para pemeluk agama. Untuk keluar dari ketidakpastian ini mereka melakukan gerakan ekstrim yaitu kembali ke Kitab Suci dengan cara mereka sendiri. Kedua, meskipun mereka menolak modernisme, mereka secara selektif sebenarnya juga memakai modernisme, khususnya teknologi, organisasi dan korporasi.
Caputo melihat bahwa fenomena fundamentalisme yang mau mengerangkeng misteri yang dulu diekplorasi secara mythos menjadi sesuatu yang pasti dan sistematik—sebuah logos—adalah sesuatu yang sia-sia. Jika ia dilakukan, yang terjadi adalah justru sebuah gangguan mental, karena mencoba memasukkan air seluruh samudra ke dalam botol. Gangguan mental inilah yang kemudian melahirkan segala bentuk kekerasan yang lazim terlihat sebagai ciri dari fundamentalisme itu sendiri.          



Artikel dicopy dari :
http://onisur.wordpress.com/2008/12/18/fundamentalisme-kristen/